Breaking News:

Tonton Aksi Damai Koral di Tugu Titik Nol Pangkalpinang

Gelar Aksi Damai Perubahan Iklim, Koral Sebut Peryataan Jokowi Tak Sesuai Fakta

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Menyoroti laju perubahan iklim yang memicu pemanasan global serta naiknya permukaan air laut karena massifnya kerusakan lingkungan yang terjadi, puluhan muda-mudi melakukan aksi damai.

Mereka yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Untuk Untuk Keadilan Iklim (Koral) menggelar aksi damai di tugu titik nol pulau Bangka, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (15/11/2021) siang.

Juru Bicara Koral, Ahmad Subhan Hafiz mengatakan, alih fungsi kawasan hutan dan lahan untuk pertambangan timah dan pertanian monokultur skala besar turut menyebabkan meluasnya degradasi lahan semakin mempercepat laju deforestasi atau penggundulan hutan.

Dimana aktivitas pertambangan di wilayah perairan Bangka Belitung juga turut berkontribusi terhadap rusaknya ekosistem esensial, seperti mangrove terumbu karang dan daerah aliran sungai.

Hafiz berujar, berdasarkan hasil laporan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Bangka Belitung tahun 2019 mencatat sebanyak 5.270,31 hektar terumbu karang mati dari luas 12.474,54 hektar terumbu karang yang hidup.

Selain itu, keberadaan padang lamun juga turut terganggu bahkan dalam status buruk. Ditambah aktivitas industri ekstraktif turut memperparah meluasnya konflik masyarakat sehingga meminggirkan hak masyarakat lokal untuk mendapatkan akses lingkungan hidup yang baik..

Dia melanjutkan, pernyataan Presiden Joko Widodo dalam Conference of the Parties (COP) atau konferensi tingkat tinggi di Glasgow, Skotlandia beberapa waktu lalu yang membahas penanganan krisis iklim juga hoaks atau tidak sesuai fakta yang ada. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved