Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Sepekan Terakhir Hanya Sebelas Sampel Positif Covid-19 Masuk Lab Kesehatan Pangkalpinang

Sample Swab PCR yang masuk Laboratorium Kesehatan Pangkalpinang sejak Agusutus kemarin sudah mulai menurun. Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan (Labkes

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Fery Laskari
Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Virus Corona Baru 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sample Swab PCR yang masuk Laboratorium (Lab) Kesehatan Pangkalpinang sejak Agusutus kemarin sudah mulai menurun. Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan (Labkes) Pangkalpinang, Rina Wijayanti menyebut sample Swab PCR mulai terlihat menurun itu sebetulnya sudah sejak Bulan Agustus lalu. Penyebabnya lantaran Kasus Covid-19 yang terus melandai.

Bahkan kata Rina, sejak September sample yang masuk sekitaran 30-an sample dan masuk Bulan November sample swab yang ditemukan positif tinggal belasan saja.

"Sejak Agustus kemarin sampel masuk mulai turun, September-Oktober sekitar 32 sample. Satu minggu ini hanya ada 11 temuan sample positif covid-19 yang ditemukan," ujar Rina kepada Bangkapos.com, Selasa (16/11/2021).

Rina mengatakan, sample yang masuk ke Lab Kesehatan (Labkes) Kota Pangkalpinang itu merupakan kiriman dari masing-masing Puskesmas di kecamatan dan juga PSC Dinas Kesehatan.

"Semakin sedikit kasus positif semakin sedikit juga sample yang masuk, karena trackingnya juga sedikit," jelasnya.

Penurunan sample yang masuk Labkes itu disebebkan dalam proses percepatan pemeriksaan dan pelacakan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Di mana selama PPKM pelaksanaan peningkatan jumlah pemeriksaan dan pelacakan kontak harus dilakukan, juga penggunaan rapid antigent sebagai pemeriksaan Covid-19.

"Kan sekarang kita sudah gunakan skema B, jadi yang rapid antigen positif sudah dicatat kasus konfirmasi. Otomatis sample yang masuk sudah berkurang," sebutnya.

Menurutnya, sampel Swab PCR dapat bertahan hingga satu bulan tergantung penyimpanannya. "Rata-rata sample bisa bertahan itu satu bulan bahkan lebih, rata-rata seperti itu tergantung alat penyimpanannya juga," ujarnya.

Adapun berdasarkan data pemeriksaan Labkes Kota Pangkalpinang selama satu minggu terakhir:

Senin (8/11/2021)

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved