Breaking News:

ANBK SD Berlangsung Lancar, Pihak Sekolah Tak Ada Kendala Teknis

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat Sekolah Dasar (SD) tingkat nasional tahun 2021 telah dilaksanakan secara serempak seluruh Indonesia.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) sekolah dasar (SD) tingkat nasional Tahun 2021 telah dilaksanakan secara serempak seluruh Indonesia. Diketahui bahwa pelaksanaan ANBK untuk tingkat SMA dan SMP telah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu.

Sementara itu, pelaksanaan ANBK tingkat SD sempat diundur dan baru bisa mulai dilaksanakan pada tanggal 15 November 2021 lalu. Pelaksanaan ANBK tingkat SD dilakukan sebanyak 4 gelombang yang mana gelombang 1 dan 2, dimulai pada Tanggal 15-18 November 2021. Sementara, gelombang 3 dan 4 dilaksanakan pada tanggal 22-25 November 2021 mendatang.

Kepala SDN 12 Sungailiat, Sri Anggriani menyebutkan bahwa tidak ada kendala sama sekali pada pelaksanaan ANBK di tempatnya. Menurutnya tidak ada kendala sama sekali, karena mungkin sebelum-sebelumnya sudah sering dilakukan simulasi.

Sri mengatakan bahwa pelaksanaan ANBK tingkat SD ini juga ditujukan untuk para guru, baik honorer maupun PNS yang mengisi soal asesmen berupa survey lingkungan belajar.

Hal serupa juga turut disampaikan oleh Kepala Sekolah SDN 6 Sungailiat, Listiani, yang mana sekolahnya kebagian melaksanakan asesmen pada hari ini dan besok.

Ia menyebutkan, bahwa materi asesmen untuk tingkat SD terbagi menjadi 2, yakni literasi dan numerasi, pesertanya maksimal 30 siswa dan 5 cadangan yang merupakan siswa-siswi kelas 5 SD.

Pelaksanaan ANBK tingkat SD dibuat sebanyak 2 sesi agar tidak menimbulkan kerumunan.

Menurutnya, sejauh ini tidak ada kendala teknis, paling hanya masalah komunikasi dengan para wali murid saja yang tidak paham tentang pentingnya asesmen. (Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved