Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Bank Indonesia Dukung Potensi Bawang Merah di Bangka Tengah

BI melakukan bimbingan teknis terkait hilirisasi produk bawang merah di Pondok Pesantren Al-Muhajirin, Desa Simpang Perlang, Koba, Selasa (16/11).

Penulis: Rusaidah (CC) | Editor: fitriadi
Bangka Pos/Sela Agustika
Bimbingan teknis hilirisasi produk bawang merah, Selasa (16/11). 

KOBA, BANGKA POS - Bank Indonesia (BI) melakukan bimbingan teknis terkait hilirisasi produk bawang merah di Pondok Pesantren Al-Muhajirin, Desa Simpang Perlang, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah pada Selasa (16/11).

Hal ini guna meningkatkan perekonomian dan mendukung ketahanan pangan di Bangka Belitung, khususnya di Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh pihak Bank Indonesia kepada para petani ataupun pelaku usaha, khususnya bawang merah di Kabupaten Bangka Tengah.

"Jadi hari ini ada bimbingan teknis untuk pemanfaatan produk bawang merah, menjadi produk olahan. Ini adalah support dari Bank Indonesia untuk Bangka Tengah, yang mana kami sangat berterima kasih, atas perhatian Bank Indonesia terhadap Bangka Tengah ini sangat luar biasa," ujar Algafry.

Baca juga: Gagalkan Transaksi Sabu, Tim Cheetah Polres Basel Tangkap Bobi Saat Tunggu Pembeli

Kata Algafry, bimtek yang digelar ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Bangka Tengah, khususnya pelaku usaha untuk memahami bagaimana mengolah bawang merah menjadi bahan baku atau barang jadi.

Bahkan ia pun berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memacu semangat para petani ataupun pelaku UMKM untuk lebih mengembangkan komoditas bawang merah.

"Mudah-mudahan nanti teman-teman yang ada di Bateng bisa mengikuti ini dan mengembangkan potensi bawang merah, sehingga produk UMKM kita semakin berkembang ke depannya," tuturnya.

Sementara itu Kepala Bank Indonesia Bangka Belitung Tantan Heroika mengatakan dipilihnya komoditi bawang merah ini melihat akan potensi bawang merah di Bangka Tengah yang baik.

"Untuk komoditi bawang merah kita di Bangka Belitung sudah baik, dan salah satunya di Bangka Tengah ini yang produksi bawang merahnya terbanyak dan baik," ungkap Tantan.

Baca juga: Malam Pisah Sambut Kapolda Babel, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya Kaget Lihat Babel Dipenuhi Lubang

Ia berharap dengan adanya pengolahan produk bawang merah ini ketergantungan akan komoditi ini bisa dikendalikan di Bangka Belitung.

"Ini juga menjadi upaya kita untuk mendukung perekonomian di Bangka Belitung, dimana kita bisa menghasilkan produk-produk bawang merah yang berkualitas, bukan hanya sebatas bawang goreng, camilan namun juga bisa menjadi minyak, pasta dan sampai diekspor," tuturnya. (t3)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved