Breaking News:

LPM IAIN SAS Bangka Belitung Adakan Pelatihan Audit Mutu Internal

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melaksanakan Pelatihan Audit Mutu Internal pada Sabtu, 13 November 2021.

Penulis: iklan bangkapos | Editor: nurhayati
IAIN SAS Bangka Belitung
Acara Pelatihan Audit Mutu Internal di Gedung Rektorat IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Sabtu (13/11). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melaksanakan Pelatihan Audit Mutu Internal Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Rektorat IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Sabtu, (13/11/2021).

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag, Ketua LPM Dr. Irawan, M.S.I, Sekretaris LPM Syarifah, M.S.I, Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu Dinar Pratama, M.Pd, Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu Diah Novianti, M.E, JPT Arsiparis LPM Erniwati, M.M, dan Dr. Indah Kusuma Dewi, M.Pd.I.

Para peserta dalam pelatihan ini terdiri dari Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN SAS Babel, para Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi, para dosen, para dosen auditor, para Ketua dan anggota Gugus Kendali Mutu Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah dan komunikasi Islam, dan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Asesor BAN-PT, Prof. Dr. Ir. Siti Herlinda, M.Si.

Dalam sambutannya, Rusydi Sulaiman menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk diikuti agar wawasan dan pengetahuan dalam mengisi borang akreditasi menjadi lebih baik.

“Kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam penguatan kelembagaan dan akreditasi program studi dan perguruan tinggi. Oleh karena itu, semua peserta diharapkan untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius dan hingga akhir”, tutur Rusydi.

Ketua LPM Irawan dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan AMI ini menjadi momen yang sangat baik dalam memhami teori dan pemahaman audit mutu internal, teknik Pembuatan Program Kerja Audit (PKA) dan Kertas Kerja Audit (KKA), dan pelaksanaan audit mutu internal perguruan tinggi.

“Pelatihan AMI ini merupakan sarana bagi dosen, ketua program studi, dan sekretaris program studi dalam melakukan audit mutu internal. Setelah memahami pelaksanaan audit mutu internal ini, peserta yang hadir dapat melakukan audit setiap tahun”, jelas Irawan.

Sementara Siti Herlinda selaku narasumber menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menentukan tingkat kesesuaian sistem manajemen dengan kriteria audit, mengetahui kemampuan sistem manajemen dalam menjamin pemenuhan persyaratan peraturan perundangan, pelanggan, dan kontrak, melihat efektifitas sistem manajemen, dan mengidentifikasi bidang sistem manajemen yang potensial untuk ditingkatkan.

“Untuk meningkatkan peringkat akreditasi perlu manajemen audit yang relevan dengan kriteria audit, sesuai dengan persyaratan peraturan perundangan, pelanggan, dan kontrak, dan mengidentifikasi bidang sistem manajemen yang potensial untuk ditingkatkan”, papar Siti Herlinda.

Siti juga menambahkan bahwa siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) menjadi syarat perlu dalam akreditasi. Siklus SPMI itu meliputi Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP) standar. “Mekanisme PPEPP sangat perlu dilakukan di program studi atau perguruan tinggi agar ketercapaian atau ketidaktercapaian standar dapat terukur”, imbuh Siti.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved