Breaking News:

KKN IAIN SAS Babel di Dusun Kerakas Komplek Gelar Pelatihan Pengurusan Jenazah Sesuai Syariat Islam

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung di dusun Kerakas Komplek

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Fery Laskari
IAIN SAS Bangka Belitung
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung (Babel) di Dusun Kerakas Komplek menggelar pelatihan pengurusan jenazah kepada masyarakat sekitar.

Dalam upaya membina kerohanian masyarakat Dusun Kerakas Komplek, mahasiswa KKN IAIN SAS Babel 2021 melaksanakan pelatihan pengurusan jenazah di dusun setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Al Iman Dusun Kerakas Komplek, Jumat (12/11/2021), dihadiri oleh 40 orang peserta termasuk mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung.

Ketua Pelaksana Kegiatan Pelatihan Pengurusan Jenazah Dusun Kerakas Komplek, Elinnamengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya penanganan jenazah yang mulai luput dari perhatian masyarakat. 

Baik mengenai berapa jumlah lembar kain untuk wanita dan pria, cara menjahit, cara men shalati dan memandikan secara runtut.

"Pelatihan ini sendiri diprakarsai oleh teman-teman KKN yang merasa cukup khawatir tentang bagaimana kedepannya jika sudah tidak ada masyarakat yang paham tentang bagaimana jenazah itu harus dimakamkan secara Islam,” ujarnya

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber Penyuluh Perempuan KUA Namang, Sarini dan Pengurus Jenazah di Rumah Sakit Timah, Erwin untuk memberikan pemahaman terkait pengurusan jenazah sesuai syariat.

Pelatihan pengurusan jenazah ini dilatarbelakangi minimnya ilmu tentang pengurusan jenazah bagi masyarakat Desa Kerakas, khususnya masyarakat Dusun Kerakas Komplek.

Ani Rosmana selaku ketua pengurus jenazah di dusun Kerakas Komplek Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengingatkan kepada kematian serta mempererat tali silaturrahmi antara mahasiswa KKN dan masyarakat Dusun Kerakas Komplek. 

Sasaran kegiatan pelatihan pengurusan jenazah yaitu anak-anak muda, akan tetapi yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yaitu orang tua bahkan ada beberapa yang sudah lanjut usia.

Menyampaikan kepada seluruh peserta pelatihan agar kiranya betul-betul mengikuti pelatihan ini dengan serius.

Agar nantinya ketika berhadapan dengan masalah penyelenggaran pengurusan mayat mulai dari memandikan jenazah sampai kepada penguburan tidak lagi menghadapi kendala dalam artian tidak susah lagi mencari orang yang pandai dalam mengurus mayat, karna boleh di bilang hal-hal seperti ini sudah langkah kita dapati di masyarakat orang yang paham tentang pengurusan jenazah.

Saat kegiatan, terlihat sekali antusias masyarakat pada saat pelatihan berlangsung banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada pemateri dari mulai cara mengurus jenazah korban kecelakaan, doa-doa pada saat mengurus jenazah dan lain sebagainya.

"Alhamdulillah, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kami yang belum tau jadi tau, dan kegiatan ini sangat mengedukasi masyarakat dusun Kerakas Komplek terutama dalam meningkatkan ilmu pengetahuan pengurusan jenazah" ujar Warga, Ani Rosmana. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved