Breaking News:

Ratusan Batang Rokok Ilegal dan Soju Ilegal Dimusnahkan Bea Cukai Pangkalpinang

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari

BANGKAPOS.COM , BANGKA – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memusnahkan barang hasil penindakan di bidang kepabeanan dan cukai bernilai ratusan juta rupiah.

Barang bukti tersebut disita dari sejumlah tempat yang ada di kota maupun kabupaten yang ada di Pulau Bangka. Adapun barang hasil sitaan yang dimusnahkan yakni sebanyak 125.860 batang rokok dan 8,64 liter minuman mengandung etil alkohol (MMEA) Jenis Soju.

Pemusnahan sendiri dilakukan di dua tempat yang berbeda yakni secara simbolis dilakukan di dalam Aula dan di halaman KPPBC Pangkalpinang, Kamis (18/11/2021).

Ratusan ribu batang rokok itu dimusnahkan dengan cara dipotong dan kemudian dilanjutkan dengan cara dibakar di tiga buah drum pembakaran yang telah disediakan.

Sebelumnya batang rokok tersebut telah terlebih dahulu disiram menggunakan bahan bakar. Sedangkan untuk minuman alkohol asal Korea Selatan tersebut dimusnahkan melalui cara dituangkan ke dalam pembuangan yang telah disediakan, lalu dibuang ke selokan.

Bahwa kerugian negara yang disebabkan oleh barang ilegal tersebut mencapai Rp61.307.710, diperkiraan nilai barang sebesar Rp131.075.200.

Barang-barang tersebut berasal dari 45 penindakan atas pelanggaran Undang-undang Cukai yang diperoleh sejak November 2020 sampai dengan September 2021 dari toko, warung yang ada di Pulau Bangka.

Pemusnahan kali ini merupakan kali kedua yang dilakukan oleh Bea dan Cukai Pangkalpinang. Di mana di tahun yang sama, tepatnya di bulan Februari 2021 telah dilakukan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) sejumlah 195.637 bungkus atau total 3.912.740 batang rokok ilegal dengan keseluruhan nilai barang mencapai Rp3.961.897.800 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp1.772.187.700. (Bangkapos.com/Cerpi Marlianto)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved