Breaking News:

TIps Cantik Dokter Vania Vashty, Bijak Pilih Cream Solusi Wajah Kusam

Kulit kusam termasuk keluhan yang paling sering ditemukan pada wajah. Kulit kusam membuat wajah tidak bercahaya dan tidak berseri.

Penulis: Rusaidah (CC) | Editor: M Ismunadi
Bangka Pos/Widodo
Bincang Sehat Bangka Pos menghadirkan dr Vania Vashti Lasrindy, Kamis (18/11/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kulit kusam termasuk keluhan yang paling sering ditemukan pada wajah. Kulit kusam membuat wajah tidak bercahaya dan tidak berseri.

Begitulah kata dr Vania Vashti Lasrindy, SpKK (Dokter Spesialis Kulit Kelamin) Siloam Hospital Bangka saat Bincang Sehat Bareng Dokter yang dipandu Host Rizky Wardianti, Kamis (18/11/2021).

Menurutnya, banyak faktor mempengaruhi kesehatan wajah ketika sakit kelihatan lebih kusam dan tidak ternutrisi dengan baik. Selain itu dasar kulit lebih cokelat atau lebih gelap.

"Umumnya kulit kita sawo matang. Tetapi tidak harus kulit putih jika ingin terlihat bersih karena kulit sawo matang juga bisa dan kuncinya kebersihan merawat diri. Bagi yang cuek lebih terlihat kusam namun jika rajin maka kulit lebih licin dan dilihat lebih segar dan tidak kasar," jelasnya.

Kulit kusam disebabkan akibat kurang sehat, kurang cairan dan bisa juga disebabkan oleh gangguan warna kulit.
Menurutnya, wanita lebih rentan terkena flek hitam ketimbang laki-laki. Hal itu dipengaruhi hormon wanita yang berbeda dengan pria.

Flek hitam juga terjadi pada orang hamil jika sebelumnya tidak ada flek hitam di wajah, saat hamil timbul flek.

"Jadi ketika ada hormonal berubah beperpengaruh pada warna kulit karena ada satu sel di kulit kita," ujarnya.

Selain hormonal, flek hitam itu juga dipengaruhi oleh faktor matahari. Terlebih menurutnya di Bangka Belitung sendiri sinar matahari yang cukup panas dan bisa memicu peradangan di lapisan kulit sehingga bisa memunculkan flek.

Selain itu flek hitam juga bisa dipengaruhi adanya riwayat genetik misalkan orang tua atau saudara yang punya flek juga.

Dia menyarankan pengobatan untuk flek ini melalui obat cream yang mengandung pencerah namun perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

"Selain itu tabir surya itu harus diberikan yaitu sun cream harus pakai 2 sampai 3 kali dalam sehari misalnya pagi, siang juga dipakai," sarannya.

Namun dia juga mengimbau agar bijak dalam memilih cream yang akan digunakan dan yang sesuai dengan kulit.

"Untuk pencegahan agar tidak terkena flek hitam yang dipicu karena sinar matahari pakai sunblock sejak dini karena hanya bertahan sampai 4 jam jadi harus reaplikasi ulang," kata dia.

Pencegahan selanjutnya adalah jangan malas ketika keluar jika panas untuk memakai payung, pakai topi. Adapun untuk mencegah terjadinya flek di wajah yakni buah-buahan yang dianjurkan mengandung vitamin C dan makanan yang manis dikurangi.

"Kalau ada flek perlu kesabaran untuk mengatasinya karena flek itu tidak bisa diatasi secara instan," tuturnya. (t4)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved