Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel akan Bukukan Sejarah Pembentukan Provinsi Bangka Belitung

Rakhmadi mengaku dokumentasi kearsipan mengenai pembentukan Bangka Belitung masih dinilai belum lengkap.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Riki Pratama.
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Kumuh (Perkim) Provinsi Bangka Belitung, Rakhmadi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rakhmadi mengaku dokumentasi kearsipan mengenai pembentukan Bangka Belitung masih dinilai belum lengkap.

Pasalnya hanya baru berupa testimoni yang dituangkan dalam buku.

Adapun buku-buku testimoni tersebut berjudul Kronika Bangka Belitung (Zaman Menuntut Provinsi) Jilid 1, Kronika Bangka Belitung (Zaman Menuntut Provinsi) Jilid 2 dan Telisik Arsip Otentik, Sejarah Bangka Belitung Menjadi Provinsi.

"Ini dokumentasi yang bersifat testimoni, rencana saya, akan membuat bedah buku dari para penulis terkait pembentukan Bangka Belitung, rencananya pada tahun 2022, sehingga karya ini menjadi satu bagian yang tak terpisahkan. Penyempurna buku hasil bedah oleh penulis ini, buku terakhir ini menjadi kata kunci dari semua testimoni dan peristiwa perjalanan rancangan undang-undang," ujar Rakhmadi, Jumat (19/11/2021) kepada Bangkapos.com.

Dikatakanya, pada bulan November 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 21 Bangka Belitung, sudah melakukan webinar perpustakan I dan kearsipan I.

"Dari sisi arsip statis dan dari sisi literasi perpustakaanya. Kalau terkait rancangan undang-undang itu baru saja diambil dari webinar, sisi arsip itu ada 7 kabupaten kota yang hadir dan narasumber nasional. Kita dapatkan kemarin itu, rancangan UU, akan saya bukukan jadi dokumen yang tak terpisahkan ada di kearsipan kita, nanti ke depannya, seluruh peristiwa dari rangkaian perjalanan Babel akan ditelusuri semua, sehingga menjadi bagian yang utuh, sekarang ada dokumennya dari rancangan hingga diketuknya oleh DPR kita," kata Rakhmadi.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved