Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Harga TBS Sawit di Sijuk Hanya Rp 2.200 Perkilogram, Apkasindo Perjuangan Bakal Cari Tahu Faktornya

Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Desa Pelepah Puteh, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung dihargai oleh pengepul hanya Rp 2.200

Penulis: Riki Pratama | Editor: khamelia
Bangkapos.com/Edwardi
Tandan Buah Kelapa Sawit 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Desa Pelepah Puteh, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung dihargai oleh pengepul hanya Rp 2.200 perkilogramnya. 

Dengan harga ini menjadi perhatian banyak kalangan karena dianggap paling kecil se-Indonesia.

Pasalnya, saat ini harga TBS sedang tinggi-tingginya mencapai Rp 2.900 perkilogram di tingkat petani ke pengepul dan Rp 3.340 perkilogram harga jual dari pengepul ke pabrik sawit.

Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia Perjuangan (Apkasindo Perjuangan), Alpian Arahman, mengatakan, terkait informasi ini baru diketahui Apkasindo, sehingga menjadi perhatian pihak asosiasi untuk menyelesaikan persoalan harga TBS yang terlalu murah ini.

"Terkait problem di daerah ini kita baru mengetahuinya, terkait informasi harga belinya murah Rp 2.200 perkilogram,  selama ini kami tidak tahu. Setelah dapat informasi ini kami akan mencari tahu masalahnya. Berusaha duduk bersama menyelesaikanya," kata Alpian kepada Bangkapos.com, Senin (23/11/2021).

Alpian menambahkan, Apkasindo Perjuangan, akan berusaha memperjuangkan terkait harga TBS di kalangan petani di Belitung, agar dapat menyamai harga TBS di Pulau Bangka.

"Kami akan berusaha membantu para petani serta mendukung apa yang disampaikan gubernur mencari faktor apa yang membuat harganya Rp 2.200 perkilogram karena normatif idealnya itu Rp 2.800-Rp 2.900 perkilogram. Bahkan ada sampai Rp 3.000 perkilogram di tingkat pengepul," terangnya.

Dia menegaskan persoalan ini dapat diselesaikan secara duduk bersama antara pemerintah daerah, pemangku kepentingan atau pihak yang bekepentingan terkait harga TBS sawit ini.

"Pada kesempatan ini kami akan mendukung untuk segera menyelesaikan persoalan ini. Terkait rencana gubernur yang ingin mengumpulkan stakeholder dan pemerintah daerah. Termasuk dari asosiasi kami siap, memberikan solusi. Sehingga harga TBS di Belitung standar dengan daerah lain," tegasnya.

Ia menegaskan harga TBS Rp 2.200 perkilogram di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, merupakan harga paling rendah se-Indonesia. Karena perlu diketahui harga CPO per Jumat (19/11/2021), mencapai Rp 14.950 perkilogramnya. 

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved