Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Fenomena La Nina, Berikut Empat Titik Rawan Bencana Banjir di Bangka Tengah  

Fenomena La Nina yang terjadi di Samudera Pasifik, diprediksi akan mengakibatkan anomali cuaca berupa peningkatan curah hujan, khususnya di Bangka Bel

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Bangka Tengah, Yudhi Sabara (Bangkapos.com/Sela Agustika) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Fenomena La Nina yang terjadi di Samudera Pasifik, diprediksi akan mengakibatkan anomali cuaca berupa peningkatan curah hujan, khususnya di Bangka Belitung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Bangka Tengah, Yudhi Sabara mengatakan, Fenomena La Nina ini diperkiraakan akan berlangsung hingga Februari Tahun 2022 mendatang.

"Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG), prakiraan dampak La Nina terjadi pada akhir Tahun 2021 hingga awal 2022 di Bulan Februari, guna mengantisipasi akan dampak ini kita menerjunkan sebanyak 300 personel gabungan dengan berbagai peralatan dari beberapa stakeholder terkait," jelas Yudhi kepada Bangkapos.com, Selasa (23/11/2021).

Berdasarkan hasil analisa di lapangan ada empat titik rawan bencana yang terjadi di Wilayah Bangka Tengah, yakni Pangkalanbaru, Lubuk Besar, Sungaiselan dan Koba. "Kerawanan bencana yang terjadi di empat titik ini, yakni banjir. Sementara untuk bencana lain seperti tanah longsor dan puting beliung belum bisa kita presidksi," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Yudhi, pihaknya telah bekerja sama dengan pihak terkait, khususnya di tingkat kecamatan hingga desa untuk meningkatkan kesiap-siagaan menghadapi bencana yang diprediksi bakal terjadi.

"Jadi sebanyak 300 personel gabungan ini, kita turunkan di masing-masing desa yang ada di Bangka Tengah, dengan harapan semoga bencana ini bisa diantisipasi, khususnya banjir yang memang sering terjadi," katanya. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved