Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Kini Status Bangka Barat PPKM Level 1, Target Vaksinasi Tuntas Akhir Tahun  

Melandainya Kasus Covid-19, bahkan sempat tersisa tiga orang pasien saja yang menjalani isolasi, membuat Kabupaten Bangka Barat (Babar) kini berada pa

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Virus Corona Baru 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -  Melandainya Kasus Covid-19, bahkan sempat tersisa tiga orang pasien saja yang menjalani isolasi, membuat Kabupaten Bangka Barat (Babar) kini berada pada Status Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Hal ini diketahui berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 61 Tahun 2021, setalah sebelumnya berada di PPKM Level 2.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Putra Kusuma mengatakan, terdapat tiga indikator yang membuat Bangka Barat berhasil masuk dalam Level 1.

"Ada tiga indikator besar di dalam materi pokok penilaian, yakni transmisi komunitas, kapasitas respon dan vaksinasi. Dari ketiga indikator ini Bangka Barat, secara garis besar sudah sangat memadai sehingga Kementrian menetapkan Bangka Barat Level 1," ujar Putra Kusuma, Selasa (23/11/2021). 

Diketahui untuk Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat saat ini, sudah mencapai 73,6 persen dan untuk Lansia sudah 62,68 persen.

Berdasarkan capaian tersebut, Putra Kusuma tak segan-segan menargetkan, pihaknya akan menyelesaikan capaian 100 persen vaksinasi pada akhir Desember 2021 nanti.

"Kita optimis Desember ini selesai, ini gak banyak lagi 25 persen itu sekitar 38 ribu orang lagi. Terus kita upayakan dalam satu bulan ini selesai, sebagain teman-teman di lapangan sudah door to door malam-malam menelisik ke titik potensi calon penerima vaksin," katanya. 

Selain itu bagi masyarakat yang belum sepenuhnya menerima vaksin, Putra mengatakan akan terus memberikan sosialisasi dan menyediakan gerai yang mudah diakses oleh masyarakat. 

"Orang yang persepsi yang berbeda memang ada, tetapi mungkin tidak sebanyak itu. Ini mungkin karena keterjangkauan kita, ke calon penerima vaksin yang harus kembali kita kuatkan," jelasnya. 

Lebih lanjut keberhasilan Bangka Barat berada di PPKM Level 1, juga diungkapkan Putra tak terlepas peran seluruh pihak termasuk masyarakat yang telah mengikuti protokol kesehatan (Prokes)..

"Ini juga sesuai dengan target, Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat harus di Level 1. Satgas dibantu Forkopimda, TNI, Polri dalam upaya percepatan perubahan PPKM Level 2 ke 1, ini dilakukan semua dan elemen-elemen yang tergabung di dalamnya," katanya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

 
 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved