Breaking News:

Berita Bangka Barat

Pembangunan Sport Hall, Pemkab Bangka Barat Pilih Gandeng Investor Dibandingkan Hutang  

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) akan menggaet para investor terkait langkah kelanjutan pembangunan sport hall di daerah setempat. 

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Bangunan Sport Hall berada di Desa Air Limau, Kecamatan Muntok. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) akan menggaet para investor terkait langkah kelanjutan pembangunan sport hall di daerah setempat. 

Hal ini dilakukan setelah sebelumnya Pemkab Bangka Barat berencana melakukan hutang sebesar Rp42 miliar untuk menuntaskan venue Porprov 2023.

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming saat dikonfirmasi membenarkan terkait pilihan investasi yang akan lebih dikedepankan dari pada kebijakan hutang. 

"Kalau pinjaman prosesnya agak panjang, lalu kita juga dikenakan beban bunga yang agak berat. Kedua investasi, ini sedang berjuang untuk cari orang yang melakukan pembangunan mulai 2022-2023 diselesaikan. Pembayaran bertahap sehingga tidak terlalu membebani APBD, lalu nilai keuntungan kita tidak terkena beban bunga," ujar Bong Ming Ming, Selasa (23/11/2021). 

Saat in kata Bong Ming Ming pihaknya sudah mendapatkan beberapa calon investor, namun belum dapat memastikan investor mana yang dipilih untuk menggarap pembangunan sport hall. 

"Investor sudah ada sih beberapa pihak, cuma kita lihat siapa yang paling berkompeten. Kita pengen bangunan selesai, punya nilai baik dari kekuatan dan estetika.Kecenderungan lebih ke investor, karena akan lebih ringan. Dalam bulan-bulan ini bakal clear, untuk investor kita lihat siapa yang paling memungkinkan," jelasnya. 

Seiring kebijakan memilih investor, Bong Ming Ming mengatakan bunga yang terpaut cukup jauh membuat Pemkab Bangka Barat kian yakin untuk mengurungkan niatnya untuk berhutang. 

"Boleh ada penambahan velue tatkala dari 2023-2024 itu sekian persen, tapi tidak sebesar dari nilai bunga bank. Paling tiga persen dan itu pun, di 2024 keuntungan untuk investor. Lalu dengan adanya investasi kita tidak terbebani, dengan bunga bank 7-10 persen ini yang kita harap tidak terjadi," katanya. 

Sementara itu Bong Ming Ming berharap bangunan sport hall tidak hanya dijadikan sebagai venue Porprov 2023, namun juga menjadi pusat kegiatan masyarakat di Kabupaten Bangka Barat. 

"Kita pengen pembangunan sport hall tetap dilaksanakan baik secara nilai mutu bangunan, lalu dari sisi estetika bagus bisa tempat UMKM bisa hidup. Kita bisa berhemat banyak dalam membangun, dari pada menghabiskan uang untuk bunga lebih baik untuk yang lain," katanya.

Diketahui saat ini sport hall yang berada di Desa Airlimau, Kecamatan Muntok ini untuk bangunan tribunnya sudah berdiri kokoh. Namun untuk lapangannya masih merupakan hamparan tanah kosong, bahkan terdapat banyak bongkahan kayu serta pondok pekerja bangunan yang sudah roboh. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved