Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bangka Belitung Jadi Tuan Rumah Tanwir Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia

Bangka Belitung akhirnya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Tanwir II Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati
Ist Humas PWPM Bangka Belitung
Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Bangka Belitung, Andika Saputra didampingi para pengurus PWPM Bangka Belitung saat menggelar konferensi pers di kantornya, Rabu (23/11/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bangka Belitung akhirnya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Tanwir II Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia pada, Jumat (26/11/2021) mendatang.

Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Bangka Belitung, Andika Saputra menyebut, terpilihnya Bumi Serumpun Sebalai menjadi penyelenggara Baitul Arqom Paripurna (BAP) tak lepas dari komunikasi yang dibangun saat Tanwir I Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia di Manado, Sulawesi Utara awal tahun lalu.

"Baitul Arqom diharapkan bisa membentuk pribadi pimpinan persyarikatan yang paripurna untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya," ungkap Andika di Pangkalpinang, Rabu (24/11/2021).

Andika mengatakan, untuk puncak pendidikan kaderisasi tingkat tertinggi di Organisasi Otonomi (Ortom) Muhammadiyah ini akan diselenggarakan  di Fox Haris Hotel Pangkalpinang. Kegiatan sendiri akan dilakukan selama tiga hari mulai dari tanggal 26-28 November 2021.

Dalam pendidikan kader di Pemuda Muhammadiyah, sebut dia, dibagi menjadi tiga tingkatan. Pertama dikenal dengan Baitul Arqom Dasar, kedua Baitul Arqom Madya dan ketiga Baitul Arqom Paripurna.

Sementara itu, lhusus bagi kader yang sudah menyelesaikan pendidikan di tingkat BAP dapat mencalonkan diri atau dicalonkan menjadi ketua umum maupun pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Disamping itu, Baitul Arqom merupakan upaya untuk meneguhkan kembali ruh ber-Muhammadiyah," terang Andika.

Menurutnya, kegiatan BAP ini sendiri akan diisi oleh pemateri nasional yang kompeten dibidangnya dan menduduki posisi strategis di Republik Indonesia. Terdiri dari beberapa guru besar, akademisi, lembaga negara, hingga anggota DPR-RI.

Mereka seperti Abdul Mu'ti, Zakiyuddin Baidhawy, Wawan Gunawan, Mukti Fajar Nur Dewata, Muhammad Najih, Fadillah Sabri, Hajrianto Y. Thohari, Saleh Partaonan Daulay, Hilman Latief, Sukidi dan Ghufron Mustaqim.

Sedangkan untuk pesertanya sendiri yakni seluruh Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia.

"Sampai saat ini peserta yang sudah mendaftar ke panitia di Bangka Belitung ada ratusan orang. Dengan syarat sudah menyelesaikan pendidikan kader di tingkat dasar dan madya," tegas Andika. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved