Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bank Indonesia Prediksikan Ekonomi Bangka Belitung Terus Tumbuh, Ini Penjelasannya

Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia (BI) Bangka Belitung, Tantan Heroika memprediksikan ekonomi Bangka Belitung akan terus tumbuh.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia (BI) Bangka Belitung, Tantan Heroika memprediksikan ekonomi Bangka Belitung akan terus tumbuh.

Bahkan, pemulihan ekonomi Bangka Belitung terus berlanjut pada tahun 2021 dan mencapai 6,11% (yoy) di triwulan III 2021.

"Ekspor luar negeri dan konsumsi rumah tangga menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung disamping menguatnya lapangan usaha, sektor pertambangan, industri pengolahan dan perdagangan serta sektor pertanian yang masih tumbuh positif," jelas Tantan, Rabu (24/11/2021).

Pada tahun 2021 Bank Indonesia memperkirakan PDRB Bangka Belitung berada di kisaran 4,3 persen - 5,1 persen.

Di sisi lain, inflasi Bangka Belitung hingga bulan Oktober 2021 tercatat sebesar 3,20 persen (yoy) relatif meningkat seiring dengan peningkatan permintaan masyarakat di tengah stok bahan pangan yang relatif terjaga.

"Sejumlah komoditas penyumbang inflasi di Bangka Belitung kembali mengalami tekanan harga seperti ikan selar, ikan kembung, ikan kerisi, ikan bulat dan daging ayam ras. Meski demikian pada tahun 2021 inflasi diperkirakan berada pada kisaran target 3+1 persen," katanya.

Selain itu, kinerja ekonomi yang membaik tercermin pula dari kinerja perbankan.

Pasalnya aset perbankan di Bangka Belitung terus menunjukkan tren peningkatan yang disertai dengan peningkatan Dana Pihak Ketiga seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat dan dunia usaha.

"Namun demikian pertumbuhan kredit masih terbatas dengan risiko kredit yang relatif terjaga tercermin dari NPL yang rendah. Untuk itu Bank Indonesia mendorong perbankan di Bangka Belitung untuk meningkatkan intermediasi kredit terutama ke sektor produktif dan UMKM," katanya.

Membaiknya pertumbuhan ekonomi terlihat pula dari indikator sistem pembayaran.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved