Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kadinkes Perkirakan Tak Ada Lonjakan Kasus Covid-19 Akhir Tahun di Pangkalpinang

Masagus M Hakim menyebut, kemungkinan lonjakan kasus atau gelombang ketiga covid-19 tidak akan terjadi di Kota Pangkalpinang.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: khamelia
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr Masagus M Hakim 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gelombang ketiga Covid-19 berpotensi terjadi di Indonesia. Pemicunya adalah terjadinya peningkatan mobilitas masyarakat disertai dengan sudah abainya warga pada protokol kesehatan.

Namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim menyebut, kemungkinan lonjakan kasus atau gelombang ketiga covid-19 tidak akan terjadi di Kota Pangkalpinang.

Menurutnya, hal ini lantaran Kota Pangkalpinang yang terus menggalakan kegiatan vaksinasi di beberapa tempat hingga Door to Door.

Bahkan kata Hakim, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan kasus yang akan diperkirakan naik akhir tahun saat liburan natal dan tahun baru nanti.

"Kita tetap akan melaksanakan skrining berupa  rapid antigent untuk beberapa tempat yang menimbulkan kerumunan, dan juga kita barengi dengan tetap melaksanakan vaksinasi covid-19. Untuk itu kemungkinan kita di Pangkalpinang tidak ada lonjakan kasus itu," ujar Hakim kepada Bangkapos.com, Rabu (24/11/2021).

Namun Hakim menilai akan ada sedikit kenaikan terjadi pada bulan Januari awal tahun 2022 nanti

"Kalau ada kenaikan kemungkinan akan terjadi pada Januari nanti karena ada peningkatan mobilitas setelah tahun baru, dan itu sudah mulai kita antisipasi sejak sekarang," tuturnya.

Menurutnya, dengan tetap menjaga ptotokol kesehatan dan percepatan vaksinasi lonjakan kasus yang diprediksi akhir tahun meningkat dapat diantisipasi.

"Kalau vaksin kita rampung 100 persen nanti akhir November, berarti masyarakat kita sudah siap, kekebalan kelompoknya sudah terbentuk sehingga ketika ada mobilitasnya yang cukup tinggi nanti benteng kita sudah terbentuk baik," jelasnya.

Terlebih Hakim menyebut, saat ini ada motor vaksin keliling door too door di Gang-gang kecil, yang tersedia di sembilan Puskesmas di Pangkalpinang.

"Ini gunanya untuk menjangkau masyarakat yang tidak bisa datang ke gerai vaksin seperti Lansia, Disabilitas dan juga ke pelosok-pelosok yang tidak bisa masuk mobil, seperti gang-gang kecil itu. Jadi semua lini kita kejar, tidak ada alasan tidak vaksin," sebutnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved