Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Jabatan Kadindik Babel Masih Dijabat Pelaksanan Tugas, Tahun Depan Baru Dilakukan Seleksi Terbuka

[BangkaposMailingList] CETAK--Jabatan Kadindik Babel Masih Dijabat Pelaksanan Tugas, Tahun Depan Baru Dilakukan Seleksi Terbuka

Penulis: Riki Pratama | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Riki Pratama
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Babel, Susanti. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Jabatan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) sejak Kepala Dinas sebelumnya M. Soleh, naik jabatan menjadi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, pada Rabu (10/11/2021) lalu.

Pelantikan dilakukan oleh Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah

Pelantikab dan pengambilan sumpah jabatan pejabat tersebut dari hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dan Job Fit.

Usai pelantikan tersebut, belum ada seleksi terbuka yang dilakukan kembali oleh Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Bangka Belitung, untuk mengisi jabatan yang kosong.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Bangka Belitung, Susanti, mengakui belum ada seleksi terbuka dilakukan karena telah masuk akhir tahun dan keterbatasan dengan anggaran.

"Tentu ada, boleh melakukan seleksi, tetapi karena mendekati enam bulan masa jabatan gubernur berakhir. Sebelum berakhir tentunya harus izin dengan Menteri Dalam Negeri dan KASN harus ada rekomendasi. Belum tahun ini, mungkin tahun depan, karena tidak ada lagi anggaranya," jelas Susanti kepada Bangkapos.com, Kamis (25/11/2021) di kantor gubernur.

Susanti mengatakan seleksi Job Fit yang beberapa waktu lalu dilakukan pemprov, merupakan seleksi dilakukan untuk jabatan setara terutama eselon II.

"Diisi dengan jabatan setara cukup dengan Job Fit setara, atau jabatan pimpinan tinggi pratama, itu eselon II a dan eselon II b namanya dua tetap sama dari lembaga satu dari kabupaten/kota. Mau dari tingkat provinsi atau kabupaten/kota. Saat Job Fit hanya dilakukan uji kompetensi seperti macam-macam polanya dengan cara psikotes, wawancara tergantug kebutuhan," jelasnya.

Susanti, juga menambahkan pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait peraturan dan pembinaan terhadap pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi di lingkungan pemerintah daerah melalui mekanisme seleksi terbuka dan uji kesesuaian kualifikasi dan kompetensi bertempat di kantor gubernur, Kamis (25/11/2022).

"Acara sosilisasi ini Insyaallah kedepan menjadi starting poin untuk memperbiki hal-hal yang kurang baik menjaid baik di tingkat pemerintah provinsi dan kota/kabupaten, karena ada juga yang bermasalah," katanya.

Menurutnya, terkait pengisian jabatan pimpinan tinggi di pemda harus melakukan rekomendasi ke KASN langsung sebagai mitra pemerintah daerah.

"Ini tujuanya supaya pelaksanaan seleksi pembinaan tentang JPT dapat dilakukan dengan prosedur dan aturan yang benar. Bagaimana masalah penempatan mereka demosinya, bagaimana tegurannya, prosedur aturan yang baru, disampaikan ke semua pejabat dari provinsi, kabupaten/kota," jelas Susanti.

(Bangkapos.con/Riki Pratama)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved