Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Survei Antibodi Covid-19, Kemenkes RI Tampung 200 Sampel dari Bangka Belitung

Lima kelurahan di kota Pangkalpinang meliputi kelurahan Gajah Mada, Sriwijaya, Bukit Sari, Bukit Merapin dan Taman Bunga, pengumpulan data

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita).
Peneliti di Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Badan Litbangkes, dr Whinie Lestari 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan sero survei di Pangkalpinang dan kabupaten Bangka Selatan.

Pada setiap kabupaten dan kota, diambil sampel sebanyak lima kelurahan dan lima kabupaten.

Lima kelurahan di kota Pangkalpinang meliputi kelurahan Gajah Mada, Sriwijaya, Bukit Sari, Bukit Merapin dan Taman Bunga, pengumpulan data dari tanggal 19-23 November 2021.

Lima kabupaten di Bangka Selatan meliputi desa Tiram, Gadung, Sengir, Nadung dan Jelutung, pengumpulan data dari tanggal 20-24 November 2021.

Setiap kelurahan dipilih lima responded sehingga total sampel yang diambil ada sebanyak 200 sampel dari Bangka Belitung.

Pemilihan responden pun menggunakan multistage random sampling yakni dengan ketentuan kelompok umur di atas satu tahun, bersedia dan terpilih di lokasi terkait.

Dalam pemilihan responden tidak ada kaitan seseorang sudah divaksinasi atau pernah terpapar Covid-19.

Selain itu, mengantisipasi responden tidak hadir saat pengambilan sampel, disiapkan juga sampel cadangan sebanyak 60 orang yang memenuhi ketentuan.

Kemenkes RI melakukan sero survei ini di 25 provinsi berbasis komunitas, sementara 9 provinsi lainnya dilakukan juga tetapi di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemenagri) RI.

"Data yang akan dihasilkan adala status kekebalan dari masyarakat atau komunitas yang akan akan mewakili data nasional, baik itu yang sudah divaksin atau belum divaksin.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved