Breaking News:

Berita Sungailiat

Deputi BPIP RI Kunjungi DPRD Bangka, Sebut Produk Hukum Bangka Tak Ada yang Diskriminatif  

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI berkunjung ke Kantor DPRD Kabupaten Bangka, Jumat (26/11/2021). Kedatangan tim BPIP tersebut disambut ole

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: Fery Laskari
istimewa
Konsolidasi Deputi BPIP RI dengan DPRD dan Pemkab Bangka, Jumat (26/11/2021) di Ruang Paripurna Kantor DPRD Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI berkunjung ke Kantor DPRD Kabupaten Bangka, Jumat (26/11/2021). Kedatangan tim BPIP tersebut disambut oleh Ketua DPRD Bangka Iskandar, Wakil Bupati Bangka Syahbudin, sejumlah anggota DPRD Bangka dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Bangka.

Digawangi oleh Deputi Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi, Ahmad Tajuddin, kedatangan BPIP RI tersebut bertujuan untuk melakukan konsolidasi institusionalisasi dan internalisasi penyelarasan nilai-nilai pancasila dalam pembentukan produk hukum daerah di Kabupaten Bangka bersama DPRD dan Pemkab Bangka.

Tajuddin menyebutkan bahwa kedatangan ia dan rombongannya adalah untuk mengecek dan mengevaluasi produk hukum yang dihasilkan oleh DPRD dan Pemkab Bangka.

Meski demikian, menurutnya sejauh ini tidak ada produk hukum di Kabupaten Bangka yang dinilai mengandung unsur diskriminatif dan intoleran.

"Untuk di Kabupaten Bangka, kebetulan tidak ada peraturan-peraturan yang diskriminatif tersebut," kata Tajuddin yang dulunya adalah Kadishub Provinsi Bangka Belitung tersebut.

Selain itu, dirinya juga menyebutkan bahwa Kabupaten Bangka adalah salah satu contoh penerapan nilai-nilai pancasila secara nyata.

"Karena di Kabupaten Bangka ini terdiri dari berbagai macam etnis, namun masyarakatnya tetap hidup dalam ruang lingkup yang damai," katanya.

Oleh karena itu, hal tersebutlah yang harus harus dijaga sehingga nilai-nilai kebhinekaan di Kabupaten Bangka tetap terpelihara.

Sementara itu, Ketua DPRD Bangka, Iskandar Sidi mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kedatangan BPIP RI dalam memberikan pemahaman akan pentingnya nilai-nilai pancasila kepada pada stakeholder yang ada di Kabupaten Bangka.

"Adanya kunjungan dari BPIP RI ini diharapkan dapat menjadi acuan kita untuk mengimplementasikan nilai-nilai pancasila agar lebih baik kedepannya," ucap Iskandar.

Hal serupa juga turut disampaikan oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudin.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak baik terhadap penyelenggaraan penyusunan rancangan produk hukum di Kabupaten Bangka.

"Semoga kegiatan ini dapat menambah pemahaman kita akan pentingnya peran dan fungsi nilai-nilai pancasila," tambah Syahbudin. (Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved