Breaking News:

Dorong Tingkatkan Kinerja, Dinkes Babel Ukur Kebugaran Jasmani Pegawai di Tingkat Kota Pangkalpinang

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar pemeriksaan kebugaran jasmani pegawai.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Saat pelaksanaan pemeriksaan kebugaran jasmani yang dilalukan Dinkes Babel di tingkat kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar pemeriksaan kebugaran jasmani pegawai di instansi pemerintah tingkat kota Pangkalpinang di Kantor Dinkes Kota Pangkalpinang, Jumat (26/11/2021).

Dalam kegiatan di tingkat kota diikuti ratusan peserta yang berasal dari pegawai puskesmas, rumah sakit Depato Hamzah dan dinkes kota.

Kegiatan kebugaran jasmani pegawai ini dilakukan di tujuh kabupaten dan kota di provinsi Bangka Belitung.

"Pengukuran kebugaran dilaksanakan di 7 kabupaten kota, beberapa kemarin seiring dengan HKN, hari ini kloter terakhir di Pangkalpinang dan Bangka Tengah," ujar Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes Bangka Belitung, Meiristia.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun, guna untuk mengukur kebugaran pegawai di lingkungan dinas kesehatan.

"Kegiatan ini rutin dilakukan, dari tahun sebelum sudah pernah, harusnya berkala karena pandemi jadi terbatasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini penganggaran memang di kita, tapi kabupatan dan kota juga pernah melakukan hal serupa," katanya.

Saat pelaksanaan pemeriksaan kebugaran jasmani yang dilalukan Dinkes Babel di tingkat kota Pangkalpinang.
Saat pelaksanaan pemeriksaan kebugaran jasmani yang dilalukan Dinkes Babel di tingkat kota Pangkalpinang. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Rangkaian kegiataan pengukuran diawali dengan pendaftaran, skrining berat badan, tinggi badan, pemeriksaan darah dan skrining kesehatan lainnya, kemudian dilanjutkan dengan lari metode rockport sejauh 6 Km

"Bila tidak memenuhi ketentuan skrining seperti darah tinggi dan diabetes maka melakukan aktivitas ringan selama 6 menit diberikan tanda merah di dada, tetap bisa diukur. Bila ada keluhan bisa konsultasi dengan dokter," katanya.

Dari kegiataan tes kebugaran ini diperoleh persentase kebugaran dengan kategori kebugaran cukup, baik, dan sangat baik.

"Dari data-data ini, kita berharap dapat mengetahui status kebugaran, sebagai pegawai haruslah memiliki kebugaran yang baik. Bila ada yang kurang baik, itu menjadi PR, karena akan berpengaruh pada kinerja, tentu ini kita perhatikan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim menyambut baik program dari bidang kesmas ini yang melakukan pemeriksaan kebugaran.

"Ini sangat baik, untuk melihat sampai dimana kebugaran pegawai kita, saya sudah lapor ke pak walikota, bahkan diminta dua minggu ke depan, akan diwajibkan seluruh kepala OPD untuk pemeriksaan kebugaran,"katanya.

Dengan ada kegiatan ini jika masih ada belum bugar, maka pihak dinkes kota bersedia melakukan program untuk meningkatkan kebugaran para pegawai.

"Bagi yang sudah bugar, kita harapkan untuk tetap menjaga kebugarannya. Untuk meningkatkan kebugaran, kita sudah ada program setiap hari Jumat ada gowes bersama," katanya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved