Breaking News:

SMKN 4 Pangkalpinang dan Kwarda Pramuka Babel Gelar FGD, Melati: Siswa Harus Punya Jiwa Entrepreneur

SMKN 4 Pangkalpinang bersama Kwarda Pramuka Babel menggelar FGD pada Jumat (26/11/2021).

Penulis: Riki Pratama | Editor: M Ismunadi
Bangkapos/Riki Pratama
SMK Negeri 4 Kota Pangkalpinang bersama Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung menggelar Focus Group Discussion Torani Go Online, Go Global Teaching Factory Program 2021, pada Jumat (26/11/2021) di ruang Pasir Padi kantor Gubernur Babel. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- SMK Negeri 4 Kota Pangkalpinang bersama Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung menggelar Focus Group Discussion Torani Go Online, Go Global Teaching Factory Program 2021, pada Jumat (26/11/2021) di ruang Pasir Padi kantor Gubernur Babel.

Kepala Sekolah SMKN 4 Pangkalpinang, Zulkifli, mengatakan tujuan kegiatan dilaksanakan untuk mendidik siswa-siswa agar memiliki jiwa entrepreneur usai lulus sekolah nanti.

"Nanti harapan outputnya bisa berwirausaha bekerja sendiri atupun di tempat orang lain. Taruna taruni kami ini dari jurusan agribisnis pengolahan hasil perikanan,"kata Zulkifli dalam acara tersebut, Jumat (26/11/2021).

Kemudian, kata Zulkifli kenapa diskusi kali ini dinamai torani go online, karena torani merupakan nama ikan kecil tetapi lincah. 

"Meskipun sekolah kami kecil, kami harus lincah kedepan, sehingga anak kami dengan kondisi sulit bisa menempatkan diri menjadi wirausaha muda," kata Zulkifli, yang juga Kamabigus SMKN 4 Pangkalpinang ini.

Zulkifli mengharapkan, siswa SMKN 4 Pangkalpinang dapat menambah wawasan dari diskusi yang dilaksanakan atas kerjasama pihak sekolah dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung.

"Kita ingin memberikan pemahaman terhadap peserta didik kita menjadi wirausaha, terutama untuk berusaha melalui bidang online, sehingga pentinggnya pemahaman terhadap teknologi," katanya.

Dia menambahkan, saat ini SMKN 4 Pangkalpinang juga memiliki produk makanan unggulan dari hasil karya siswa yang siap untuk dipasarkan.

"Kami harapkan siswa SMK kami dapat diajarkan membuat produk yang ingin dijual, baik di dalam dan luar daerah. Dalam kesempatan ini akan diajarkan melalui diskusi. Sehingga bisa berjualan online bukan tradisional lagi. Karena mereka mendapat ilmu serta wawasan untuk masa depan mereka nantinya," harapnya.

Terpisah, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi, memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMKN 4 Pangkalpinang.

Menurutnya di era digitalisasi, mendorong para siswa agar dapat menjadi pengusaha yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan memasarkan produk melalui cara online.

"Kita harapkan dengan menumbuhkan jiwa entrepreneur dapat memberikan pekerjaan untuk diri kita sendiri, pelaku UMKM, bisa berkembang dan memberikan pekerjaan kepada orang lain, bisa menjadi inspirasi sekolah lain juga," kata Melati.

Melati, mengatakan dirinya sangat mendukung anak-anak SMK maupun SMA di Babel dapat memiliki jiwa beriwausaha, sehingga dapat lebih mandiri dan menciptakan lapangan kerja.

Dalam FGD tersebut, selain Melati Erzaldi yang memberikan materi, beberapa narasumber lahirnya hadir memberikan pemahaman terkait konsep pemasaran dari Yulizar Divisi Desain Kemasan, UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Babel dan Faishal Fadilah CO-Founder dan CEO Adnice.ID. (Bangkapos/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved