Breaking News:

Tidur yang Cukup Bisa Cegah Sinusitis, Tidak Sembuh 10 Hari Perlu Antibiotik

Roni mengatakan, manusia memiliki empat pasang sinus di bagian tulang wajah, kepala, dahi, pipi dan dekat mata maupun belakang mata.

Penulis: Rusaidah (CC) | Editor: M Ismunadi
Bangka Pos/Widodo
Bincang Sehat Bangka Pos Group bersama Dokter Siloam Hospital Bangka, Kamis (25/11/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Sinus terletak di bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata.

Sinus menghasilkan lendir atau mukus yang berfungsi untuk menyaring dan membersihkan bakteri atau partikel lain dalam udara yang dihirup. Selain itu, sinus juga berfungsi untuk membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru.

Demikian diungkapkan dr Roni Januardi, Sp.T.H.T K.L Dokter Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan, Bedah Kepala dan Leher Siloam Hospital Bangka.

Roni mengatakan, manusia memiliki empat pasang sinus di bagian tulang wajah, kepala, dahi, pipi dan dekat mata maupun belakang mata.

"Sinusitis ini terjadi dikarenakan virus atau sesudah ada infeksi bakteri seperti penyakit alergi atau kelainan anatomi orang tersebut," katanya dalam Bincang Sehat bersama Siloam Hospital Bangka yang dipandu oleh Host Rizky Wardianti, Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, sinusitis ini terjadi pada semua kalangan usia, tidak pada usia tertentu.

"Gejala sinusitis ini ada sifatnya akut biasanya bisa sembuh spontan, tetapi sembuh lebih dari 10 hari maka itu disertai bakteri dan harus membutuhkan antibiotik," bebernya.

Selanjutnya sinusitis atau Rhinosinusitis kronis atau yang berulang misal terjadi pada 4 kali dalam setahun itu bisa disebutkan sinusitis kronis.

"Rhinosinusitis dapat mengganggu produktivitas itu sendiri seperti kalau menunduk, sujud kepala sakit dan gangguan tidur bahkan bisa terjadi demam akibat sinusitis," jelasnya.

Selain itu bisa juga terjadi infeksi dan keluar nanah dari telinga.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved