Breaking News:

Berita Bangka Barat

Pertumbuhan Ekonomi di Bangka Barat Membaik, Pengolahan Tambang Jadi Faktor Pendukung

Kabupaten Bangka Barat kini turut serta dalam menciptakan, pertumbuhan perekonomian di Provinsi Bangka Belitung ke arah yang semakin baik.

Penulis: Rizky Wardianti | Editor: khamelia
Diskominfo Babel
Ekonomi Babel Menggeliat 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kabupaten Bangka Barat kini turut serta dalam menciptakan, pertumbuhan perekonomian di Provinsi Bangka Belitung ke arah yang semakin baik.

Hal ini pun diungkapkan Bidang IPDS (Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik) BPS Bangka Barat, Romel Yonatan terkait laju perekonomian.

"Lapangan jasa usaha kesehatan dan sosial itu mengalami pertumbuhan paling tinggi, diikuti usaha pengolahan. Di Kabupaten Bangka Barat sendiri distribusi PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) paling tinggi, itu ada di pengolahan yang mana itu di pengolahan tambang di kita di smelter," ujar Romel, Minggu (28/11/2021).

Bahkan hal tersebut pun menunjang Provinsi Bangka Belitung, terkait garis kemiskinan yang menempati urutan teratas dibandingkan Provinsi lain.

Dari data BPS Provinsi Bangka Belitung garis kemiskinan nasional ada di angka 472.525, sementara Provinsi Bangka Belitung di angka 752.203.

"Dari tahun 2019 sampai 2020 itu cenderung menurun, jadi konsumsi dari 7708 jadi 7741 lanjut ini yang konsumsi pemerintah juga dari konsumsi masyarakat dan berdasarkan harga berlaku. Melihat kondisi ini memang terjadi kenaikan pada permintaan, mungkin terjadi pembatasan dari kegiatan kemarin yang sekarang sudah dilakukan pelonggaran," jelasnya.

Sementara itu Romel mengatakan untuk Provinsi Bangka Belitung, mengalami pertumbuhan ekonomi meningkat sebesar 4,64 persen pada 2021.

"Dengan melihat dari Provinsi, kalau melihat angka pertumbuhan ekonomi dari seluruh Kabupaten Kota mengalami pertumbuhan. Jadi dengan sentimen demikian, dapat indikasi hasilnya pertumbuhan ekonominya gak akan minus lagi tapi positif," ungkapnya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved