Breaking News:

Lewat Kampung Literasi, Kualitas Masyarakat Bangka Tengah Terus Membaik

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman didampingi Bunda Baca Bangka Tengah drg Eva Algafry meresmikan secara langsung Kampung Literasi Mahadaya

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
Diskominfo Bateng
Bupati Bangka Tengah bersama Bunda Baca Bangka Tengah Resmikan Kampung Literasi Mahadaya dan Lomba Mural. Sabtu (27/11/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman didampingi Bunda Baca Bangka Tengah drg Eva Algafry meresmikan secara langsung Kampung Literasi Mahadaya Kabupaten Bangka Tengah di Gang Sejora Jalan By Pass Kelurahan Padang Mulia, Sabtu (27/11/2021).

Dalam peresmian Kampung Literasi Mahadaya ini turut digelar pelaksanaan Lomba Mural yang diikuti oleh banyak peserta dari seluruh wilayah di Bangka Tengah.

Bupati Algafry dalam sambutannya mengatakan, jika peluncuran Kampung Literasi Mahadaya merupakan sebuah prioritas dalam membangun dan meningkatkan kualitas manusia di wilayah Bangka Tengah.

Untuk itu sarana dan prasarana penunjang peningkatan kualitas manusia ini sangat diperlukan sehingga memfasilitasi dan menunjang kemauan dan kesiapan setiap individu yang mau meningkatkan kualitas Kampung Literasi ini.

Di Indonesia lanjut Algafry, kualitas maupun kebiasaan minat baca masyarakat masih terbilang rendah sehingga hal inilah yang menjadi tantangan bagaimana membudayakan minat baca dengan eksistensinya di berbagai bidang.

“Mengenai literasi, ada 6 jenis literasi yang harus dikembangkan sejak dini yaitu baca tulis, numerasi, sains, digital, budaya dan literasi finansial. Dari enam literasi inilah kita dapat mulai membentuk sinergitas dan kolaborasi antara lembaga penyelenggara literasi dengan unsur pemerintah dan badan usaha,” ujar Algafry.

Melalui Kampung Literasi Mahadaya ini Algafry bilang dapat menjadi wadah agar seluruh pihak berpartisipasi sesuai dengan kompetensi masing-masing dalam meningkatkan kualitas masyarakat.

Selain itu, Algafry juga menyebutkan melalui Kampung Literasi Mahadaya ini diharap dapat menjadikan masyarakat dan generasi muda Bangka Tengah lebih kreatif, maju dan mempunyai kegiatan yang bermanfaat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang ada di sekitarnya.

Demikian pula Lomba Mural, Algafry menyebutkan jika mural dapat menjadi sebuah daya tarik tersendiri khususnya menjadi spot foto dan menjadi media edukasi bagi masyarakat di Bangka Tengah.

“Kreativitas seperti ini sangat diharapkan muncul dari masyarakat kita, khususnya generasi muda kita. Mural in sangatlah bagus dan bertujuan untuk pemberdayaan peningkatan kreativitas masyarakat kita,” ujarnya.

Mural lanjut Algafry juga dapat menjadi bagian dari wadah untuk peningkatan literasi sekaligus wadah pengembangan potensi kreativitas dan serta edukasi bagi masyarakat. (adv/jhk)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved