Breaking News:

Dua Ribu Bibit Pohon Untuk Hijaukan Kawasan Danau Pading

LUBUK BESAR - Pemulihan fungsi ekologis Daerah Aliran Sungai (DAS) dan lahan kritis di Provinsi Kepulauan

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Acara Peringatan Puncak GNPDAS Tahun 2021 di obyek wisata Danau Pading, Desa Perlang, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (30/11). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemulihan fungsi ekologis Daerah Aliran Sungai (DAS) dan lahan kritis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi salah satu kebijakan prioritas Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman di masa kepemimpinannya. 

Sehingga dalam rangka peringatan Puncak Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Tahun 2021, orang nomor satu di Babel itu melakukan penghijauan kawasan dengan gerakan menanam pohon yang berlokasi di obyek wisata Danau Pading, Desa Perlang, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (30/11/2021). 

Setidaknya dalam kegiatan tersebut, ditanam sebanyak 2000 bibit pohon produktif, seperti mangga, jambu, dan rambutan, serta bibit pohon penghijauan.

Erzaldi  dalam kesempatan itu menanam secara simbolis bibit pohon mangga. 

Ia mengatakan keberadaan Danau Pading saat ini dengan cepat menjadi populer dan dikenal luas masyarakat. Hal itu tak terlepas peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Danau Pading bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yang bisa memanfaatkan lahan eks tambang sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat. 

"Karena potensi wisata di Danau Pading sangat luar biasa, panoramanya seperti di kaki gunung Alpen Swiss," ungkapnya. 

Menurutnya, dengan potensi yang luar biasa itu, diharapkan seluruh pihak turut serta dalam pengembangan lokasi wisata itu dengan tetap mengutamakan keterlibatan masyarakat setempat. 

Oleh karena itu, Erzaldi menegaskan kepada stakeholders terkait, untuk segera mengurus legalitas dan keabsahan lokasi pariwisata tersebut.

Dengan demikian jika nanti kawasan ini sudah tertata dengan baik dan indah, tidak dimanfaatkan pihak tertentu dalam meraih keuntungan, dikarenakan belum adanya kejelasan status tanah di lokasi tersebut. 

"Insyaallah tahun 2022 nanti akan ada investasi hasil kerja sama Pemprov Babel dan Pemkab. Bateng untuk mengembangkan wilayah ini (Danau Pading)," ungkapnya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved