Breaking News:

Per November, PMI Pangkalpinang Catat Ada 75 Kantong Permintaan Trombosit

Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Pangkalpinang mencatat dari tanggal 1 - 29 November 2021, ada 75 kantong permintaan darah trombosit.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kepala Bidang Pencarian Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2DS) UDD PMI kota Pangkalpinang, Merinda Sukmawati. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang mencatat dari tanggal 1 - 29 November 2021, ada 75 kantong permintaan darah trombosit.

Kepala Bidang Pencarian Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2DS) UDD PMI kota Pangkalpinang, Merinda Sukmawati mengatakan permintaan trombosit itu, sebagian besar untuk Demam berdarah Dengue (DBD).

Namun tidak menutup kemungkinan untuk penyakit lainnya.

"Untuk permintaan tidak ada meningkat secara signifikan, masih seperti bulan sebelumnya, per bulan itu rentang 50-100 kantong darah trombosit permintaannya," ujar Merinda saat ditemui bangkapos.com di UDD PMI Kota Pangkalpinang, Selasa (30/11/2021).

Dijelaskannya, UDD PMI Pangkalpinang tidak menyimpan atau stok trombosit, pasalnya darah trombosit yang telah disediakan harus digunakan dalam kurun waktu maksimal lima hari.

"Kalau tidak stok kalau trombosit, masa simpannya itu lima hari, permintaan tidak setiap hari. Kalau kita bikin trombosit harus segera dipakai.

Trombosit ini pembuataan harus darah baru, darah yang harus disadap maksimal 6 jam, kalau sudah lewat tidak bisa lagi dibikin trombosit, kalau butuh cepat, kita sarankan keluarga yang donor sesuai golongan darah," lanjutnya.

Pembuatan darah trombosit setelah ada permintaan tidaklah lama, hanya 2-3 jam saja dengan biaya untuk kantong senilai Rp360 ribu, satu kantong trombosit ini berkapasitas 50 cc.

"Syarat permintaan darah trombosit sama dengan permintaan darah yang lain seperti surat permintaan darah dari rumah sakit, butuh berapa kantong dam tandatangan dari dokter yang menangani," katanya.

Dia menambahkan untuk pendonor darah di UDD PMI Kota Pangkalpinang lumayan banyak dengan rentang 300-500 kantong per bulan.

"Sehari yang datang bisa 10-15 orang, yang banyak itu golongan darah O, kalau sedikit biasanya AB. Kalau misal ada kegiatan, biasa per bulan itu bisa capai 1000 kantong darah," katanya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved