Breaking News:

Tingkatkan Profesionalitas Dosen, Fakultas Tarbiyah Gelar Pelatihan Penulisan Buku Ajar

Bangka,26/11/2021. Untuk meningkatkan profesionalitas dosen, Publikasi ilmiah berperan penting dan menjadi salah satu indikator kemajuan sebuah unive

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: nurhayati
IAIN SAS Babel
Fakultas Tarbiyah Gelar Pelatihan Penulisan Buku Ajar, (24-25/11). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Untuk meningkatkan profesionalitas dosen, publikasi ilmiah berperan penting dan menjadi salah satu indikator kemajuan sebuah universitas Atau Institut.

Untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah, perguruan tinggi mewajibkan para dosen  untuk memublikasikan karya ilmiahnya.

Dekan Tarbiyah yang diwakili Wakil Dekan I Dr.Wahyudin Noor, M.S.I dalam sambutannya mengatakan dengan adanya pelatihan buku ajar ini tentunya sebagai sarana  untuk mendorong dan memberikan fasilitas secara penuh kepada dosen yang ingin berkontribusi pada dunia literasi sehingga diharapkan dapat membantu calon penulis untuk segera menerbitkan buku-bukunya

Kegiatan penulisan buku bahan ajar dan refrensi ini adalah bentuk tindak lanjut dari workshop penulisan buku bahan ajar dan buku refresi yang dilakukan pada tanggal 2 dan 3 November 2021 kemaren, kegiatan pembukaan dimulai pada jam 08.00 wib (24/11).

Dilanjutkan pada tanggal 24 -25 November 2021 kegiatan penulisan bahan ajar dan buku refrensi Fakultas Tarbiyah IAIN SAS Bangka Belitung menghadirkan  Narasumber  Wakil Sekretaris Jenderal PGRI yaitu Dr. jejen musfah, MA dan juga penulis beberapa buku di antaranya yang berjudul “peningkatan kompetensi guru; melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik dan menajemen pendidikan dan teori, kebijakan, dan praktik.

Pada kegiatan tersebut peserta yang merupakan dosen dari 5 Prodi yang ada di fakultas tarbiyah yaitu PAI, TBI ,BKPI, PIAUD, PBA dapat banyak belajar dan memulai membuat pembiasaan untuk lebih sering menulis buku bahan ajar yang nantinya dapat bermanfaat untuk mahasiswa- mahasiswa fakultas tarbiyah, mahasiswa IAIN syaikh Abdurrahman Siddik bahkan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Proses penulisan yang sudah mulai di proses sedari tanggal 2-3 November Kemaren itu pada akhirnya dapat di selesaikan pada saat kegiatan penulisan buku bahan ajar dan buku refrensi rabu sampai dengan kamis kemarin, selama kegiatan peserta sangat antusias dan fokus bahkan juga sangat menikmati karena kegiatan di kemas dengan sesekali dilakukan ice breaking yang seru agar penulisan buku dapat berlangsung dengan baik.

Kegiatan ini kedepannya akan menghasilkan 5 buku bahan ajar dari masing-masing prodi yaitu prodi Pendidikan agama islam, prodi Bimbingan dan konseling islam, Pendidikan bahasa arab, Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Tadris bahasa Inggris, dan 3 buku refresnis yang masing- masing akan di tulis oleh Dr. Rada M,Pd.I , Dr. Wahyudin noor M.Si, dan juga Dr. Subri. S.Pd.I ,M.Si

Vera wahyuni ,M.Pd Ketua Panitia kegiatan Penulisan Buku Ajar dan buku refrensi " Materi yang diberikan pemateri dalam pelatihan buku ajar dan buku refrensi diantaranya terkait dengan konsep dasar / Hakekat Bahan Ajar, Perlunya dosen mengembangkan Bahan Ajar,  Tujuan dan manfaat Penyusunan Bahan Ajar, Jenis-jenis Bahan Ajar, Struktur dan Format Buku Ajar dan buku refrensi Metode Penyusunan Buku Ajar dan refrensi Pengembangan Isi Buku Ajar & refrensi , Penyusunan Pengembangan Isi Buku Ajar & refrensi serta Pengantar Desain dan Layout Buku Ajar.

“Tujuan pembuatan buku ajar untuk meningkatkan motivasi bagi dosen dan meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi, dosen-dosen Program Studi dapat mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran dan semakin meningkatkan kualitas profesionalisme dosen untuk menghasilkan publikasi ilmiah,” katanya.

Acara yang berlangsung di Gedung Tarbiyah Lantai III ini berlangusung sangat interaktif, peserta merasa perlu untuk mendapatkan pelatihan dan informasi trik and tips menulis juga menerbitkan buku ajar.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved