Breaking News:

Unik Umat Lintas Agama di Pangkalpinang Bangun Rumah Bhineka Tunggal Ika

Umat berbagai agama mulai dari Islam, Hindu, Budha, Kristen dan Konghucu di Pangkalpinang, memiliki cara unik untuk menyatukan perbedaan.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: M Ismunadi
Istimewa/Humas Pemkot Pangkalpinang
Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Bangka Belitung, Ja’far Siddiq bersama Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat menandatangani prasasti Rumah Bhineka Tunggal Ika di Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Rabu (1/12/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Umat berbagai agama mulai dari Islam, Hindu, Budha, Kristen dan Konghucu di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung memiliki cara unik untuk menyatukan perbedaan.

Mereka bergotong royong membangun rumah warga dari yang tak layak huni menjadi layak huni atau membangun Rumah Bhineka Tunggal Ika di Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan. 

Hal ini juga sebagai bukti toleransi antar umat beragama di Bumi Serumpun Sebalai ini.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Bangka Belitung, Ja’far Siddiq mengatakan, hal ini adalah pilot project antara umat lintas agama yang mana memang sinergitas antar umat beragama harus dilakukan dimanapun dan kapanpun.

“Mudah-mudahan bisa menjadi contoh di semua wilayah di Indonesia. Sinergitas kita bukan hanya ngobrol di warung kopi, silaturahmi tetapi juga menumbuhkan ide-ide baru dan kemudian dituangkan dengan hasil yang nyata dengan bedah rumah,” kata dia usai meresmikan rumah Bhineka Tunggal Ika, Rabu (1/12/2021).

Ja’far menilai, kerukunan umat beragama di Bangka Belitung sudah bagus dan memang tinggal dijaga serta dirawat oleh masyarakatnya itu sendiri layaknya tradisi nganggung atau membawa dulang berisi makanan untuk disantap bersama tanpa memandang suku, ras, agama dan antargolongan (SARA).

“Tradisi seperti ini tidak boleh hilang harus ditingkatkan, karena ini kearifan lokal yang ada di Provinsi Bangka Belitung,” terang Ja’far.

Baca juga: Ngotot Lepas dari Indonesia, Timor Leste Malah Kewalahan Jika Indonesia Hentikan Pasokan Ini

Baca juga: Punya KTP Dengan Ciri-ciri Seperti Ini Dapat 5 Bantuan dari Pemerintah, Begini Cara Mengeceknya

Oleh karenanya, sambung dia dengan anugerah yang luar biasa seperti ini sudah selayaknya dijaga dan mudah-mudahan sinergitas ini terus berlanjut bukan hanya untuk agama Islam melainkan agama-agama lain yang ada di Bangka Belitung.

“Ini bukan kali ini saja InsyaAllah akan diinisiasi dari kami bukan dari NU tetapi juga seluruh rekan-rekan lintas agama lebih banyak lagi dan bukan hanya Islam, siapa saja dari lintas agama bisa secara bergantian membangun rumah layak huni,” pungkas Ja’far.

Perbedaan Membuat Bersatu

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved