Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

PPKM Level 3, Perjalanan Bakal Dibatasi, Simak Penjelasan Sidarta Gautama    

Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar), akan melakukan sejumlah pembatasan terkait perjalanan guna m

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Virus Corona Baru 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar), akan melakukan sejumlah pembatasan terkait perjalanan guna mengantisipasi lonjakan Kasus Covid-19. 

Hal ini pun diutarakan oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama, merujuk Surat Edaran Nomor 24 Tahun 2021 tentang pengaturan aktivitas dan mobilitas selama periode Nataru. 

"Kondisi Indonesia memang tidak ada lagi yang mencolok sudah mulai mereda, hanya kita mengambil patokan atau pengalaman tahun yang sudah. Dulu waktu kita mau membaik ketika menjelang akhir tahun tidak diberlakukan aturan ketat, ternyata di awal tahun mulai melonjak lagi," ujar Sidarta Gautama, Kamis (2/12/2021). 

Sidarta mengatakan Pemkab Bangka Barat akan menerapkan PPKM Level 3, sesuai skema yang diberlakukan di seluruh daerah guna mengantisipasi lonjakan Covid-19 saat Nataru. 

"Pengalaman ini lah yang tidak diinginkan oleh pemerintah pusat, dan mencoba untuk melakukan pembatasan terutama orang dalam perjalanan. Jadi modelnya nanti tidak merubah status daerah, hanya penyeragaman ketentuan orang dalam perjalanan menggunakan pada level 3," jelasnya. 

Diketahui untuk Kabupaten Bangka Barat sendiri saat ini berada dalam PPKM Level 1, sesuai dengan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 61 Tahun 2021 terkait penetapan Level 1.

"Kita memang di level 1, tapi percuma kalau tetangga kita misal level 3 tapi tetap melakukan perjalanan nanti tetangga kita yang kewalahan. Kalau mau benar-benar melakukan pembatasan maka semua daerah, harus diberlakukan ketentuan yang sama terkait dengan ketentuan orang dalam perjalanan," katanya. 

Berdasarkan hal tersebut untuk Pelabuhan Tanjung Kalian, Sidarta mengatakan akan diberlakukan untuk masyarakat dengan kebutuhan mendesak. 

"Dengan segala alasan kepentingan yang mendesak, sama seperti lebaran kemarin. Hanya orang-orang yang memiliki kepentingan khusus, karena sekarang gak ada lagi PPKM level 4 jadi kalau level 3 sudah paling darurat," tegasnya. 

Sementara itu pihaknya juga kini sedang berkoordinasi dengan Pemkab Bangka Barat, untuk mengeluarkan surat edaran larangan cuti bagi ASN di Lingkungan Pemkab Bangka Barat. 

"Mungkin bentar lagi akan dikeluarkan surat edaran untuk melarang cuti, atau melakukan perjalanan dalam masa pembatasan. Itu sudah  kami bahas, bentar lagi keluar," katanya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved