Breaking News:

Para Penguji SKB Diberikan Pembekalan Oleh Biro Kepegawaian Kemenag RI

Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI menyelenggarakan kegiatan pembekalan penguji praktek kerja dan wawancara

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
IAIN SAS Babel
Kegiatan pembekalan penguji praktek kerja dan wawancara komitmen wawasan kebangsaan dan moderasi beragama SKB CPNS Kementerian Agama Formasi Tahun 2021 dilaksanakan secara daring, di Aula Gedung Terpadu Lantai II IAIN SAS Babel, Kamis, (2/12/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI menyelenggarakan kegiatan pembekalan penguji praktek kerja dan wawancara komitmen wawasan kebangsaan dan moderasi beragama SKB CPNS Kementerian Agama Formasi Tahun 2021 dilaksanakan secara daring, di Aula Gedung Terpadu Lantai II, Kamis, (2/12/2021).

Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI Dr. Nurudin, S.Pd.I., M.Si. dalam sambutan mengatakan tujuan dilaksanakannya SKB CPNS Kemenag adalah untuk menggali sikap, perilaku, dan komitmen wawasan kebangsaan dan moderasi beragama sehingga menghasilkan ASN yang berpemahaman moderat. 

“SKB dilaksanakan dengan metode daring menggunakan IT berbasis wilayah. Meskipun dilaksanakan dengan daring, namun wajib menjaga kualitas,” kata Nurudin.

Mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut agar para penguji memiliki cara pandang yang sama sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan profesional dan akuntabel.

 “Penguji wajib bisa menggali potensi dan kekuatan calon ASN Kemenag yang berpaham moderat dan memiliki wawasan kebangsaan yang benar berdasarkan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. 

Baca juga: Timor Leste Mati-matian Ogah Pakai Bahasa Indonesia, Tapi Cuma 10% Rakyatnya Pakai Bahasa Portugis

Baca juga: Timor Leste Ngotot Lepas dari Indonesia, Kini Malah Kewalahan Jika Indonesia Hentikan Pasokan Ini

Baca juga: Punya KTP Dengan Ciri-ciri Seperti Ini Dapat 5 Bantuan dari Pemerintah, Begini Cara Mengeceknya

Untuk itu melalui SKB ini silahkan gali kompetensi dan profesionalitas calon pegawai,” harapnya. 

Nurudin mengingatkan para penguji untuk menghindari conflict of interest. Menurutnya, Para penguji wajib menguasai substansi terhadap formasi yang diemban, mampu memberikan pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan dan mampu menggunakan perangkat IT dengan baik, serta mampu mempertanggungjawabkan kinerjanya.

Sistem penilaian SKB terdiri dari Praktek kerja 35%, Psikotes 35% dan Wawancara 30%. Jadwal Pelaksanaan SKB CPNS semua dalam WIB (WITA dan WIT menyesuaikan), dengan rincian sebagai berikut: 

a. Praktik Kerja : 5 s.d. 6 Desember 2021, mulai pukul 07.30 WIB; 

b. Wawancara : 7 s.d. 8 Desember 2021, mulai pukul 07.30 WIB; dan 

c. Psikotes : 9 Desember 2021, mulai pukul 07.30 WIB.

Dari Aula Gedung Terpadu IAIN SAS Bangka Belitung  yang dalam hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Panitia Lokal Penerimaan CPNS IAIN SAS Bangka Belitung

Prof. Dr. H. Hatamar, M.Ag  mengatakan jumlah peserta SKB IAIN SAS Bangka Belitung  sebanyak 27 peserta dengan beragam formasi dosen dan Tenaga Kependidikan  yang dibutuhkan.

 “Kita akan melakukan pertemuan lanjutan untuk membahas beberapa hal teknis agar persiapan kita semakin matang. 

Harapan pimpinan tentunya para penguji dapat bekerja secara profesional supaya tidak salah pilih sehingga menghasilkan ASN Kemenag yang berintegritas, profesional, bertanggung jawab, memiliki wawasan kebangsaan yang  baik dan berpaham moderat,” pungkas Hatamar. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved