Breaking News:

Pentingnya Kesehatan Dalam Perspektif Islam

Salah satu faktor yang diperhitungkan dalam Islam adalah kesehatan, karena kesehatan merupakan syarat mutlak untuk menjalankan aktivitas kehidupan.

Penulis: iklan bangkapos | Editor: M Ismunadi
Iklan
Saiwanto S.Pd Mahasiswa Magister Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Islam adalah agama yang menguasai seluruh elemen kehidupan manusia; Salah satu faktor yang diperhitungkan dalam Islam adalah kesehatan, karena kesehatan merupakan syarat mutlak untuk menjalankan aktivitas kehidupan manusia.

Jika tubuh seseorang dalam keadaan sehat, mereka dapat melakukan ibadah (hubungan dengan Tuhan), kegiatan sosial (hubungan dengan orang lain), dan kegiatan dunia (hubungan dengan alam) di semua bidang ini.

Kesehatan jasmani, rohani, dan sosial adalah tiga komponen definisi kesehatan menurut Islam.

Kesehatan jasmani (jasmani) mengacu pada kemampuan seluruh anggota tubuh untuk melakukan aktivitasnya secara normal, tanpa adanya gangguan atau kelainan pada salah satu organ atau anggota tubuh.

Kesejahteraan fisik merupakan elemen penting untuk mendukung kegiatan lainnya.

Hal ini karena banyak dari perintah Tuhan kepada umat manusia melibatkan aktivitas fisik yang membutuhkan kondisi yang baik dan kuat, seperti sholat, mandi, puasa, dan bentuk-bentuk bhakti lainnya.

Ibadah-ibadah ini menurut ajaran Islam memiliki manfaat yang secara tidak langsung berdampak baik bagi tubuh kita jika kita menjalankannya sesuai dengan hukum yang telah ditetapkan dalam Islam, seperti shalat yang dapat meregangkan otot, membuat sendi menjadi lebih lentur dan organ untuk mendapatkan keuntungan.

Menurut penelitian, Wudhu dapat merangsang saraf di tempat-tempat yang terkena dampak wudhu dan puasa, yang dapat bermanfaat, terutama untuk sistem metabolisme tubuh manusia, yang dapat menjadi lebih teratur dengan puasa.

Menjaga kesehatan jasmani dijelaskan dalam Islam dengan berbagai cara, antara lain: Pertama, menjaga Thoharoh berarti menjaga kesucian dan kebersihan seluruh elemen kehidupan, mulai dari seluruh tubuh, makanan, pakaian, perumahan, dan sekitarnya.

Kedua, jaga makanan Anda.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved