Breaking News:

Kasus Covid-19 Masih Melandai, Satgas Soroti Kepatuhan Prokes di Babel Semakin Menurun

Disaat kasus sedang melandai, Satgas Penanganan Covid-19 Babel menyoroti kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes) semakin menurun.

Editor: rusmiadi
Satgas Penanganan Covid -19 Bangka Belitung
Sebaran kasus Covid-19 di Bangka Belitung hingga Sabtu 4 Desember 2021 

BANGKAPOS.COM - Kasus baru Covid-19 di Bangka Belitung (Babel) masih melandai. Pada hari Sabtu (4/12/2021) tercatat di Satgas Penanganan Covid-19 Babel ada lima orang terkonfirmasi, dengan demikian total kumulatif menjadi 52.299 orang.

Sementara kasus yang dinyatakan sembuh atau selesai menjalani isolasi bertambah sebanyak dua orang, secara kumulatif menjadi 50.773 orang. Adapun kasus meninggal dunia akibat Covid-19 nihil, sehingga masih berjumlah 1.456 orang.

Disaat kasus sedang melandai, Satgas Penanganan Covid-19 Babel menyoroti kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes) semakin menurun.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno mengatakan, berdasarkan monitoring kepatuhan dalam menerapkan prokes selama sepekan 22-28 November 2021, dari 523 titik yang dipantau, diketahui angka kepatuhan memakai maskar 88,48 persen, menurun dibandingkan dengan pekan sebelumnya, dari 90,93 persen rerata nasional.

Sedangkan kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan 86,61 persen, menurun dibanding pekan sebelumnya, dari 90,10 persen rerata nasional.

“Tingkat kepatuhan dan kesadaran dalam menerapkan prokes 6M khususnya di Babel dalam sepekan terakhir ini mengalami penurunan yang cukup drastis, baik dalam penggunaan masker maupun dalam perilaku menjaga jarak,” ujar Andi, Sabtu (4/12/2021).

Tentu hal ini menurut Andi, menjadi kabar kurang baik dan mencemaskan di tengah upaya dan ikhtiar bersama dalam menghadapi, serta mengantisipasi dan mempersiapkan diri terhadap ancaman gelombang ke-III yang ada di depan mata, berupa variant of concern maupun mutasi baru Covid-19 yang saat ini sudah melanda negara jiran.

Oleh sebab itu, Andi mengajak semua masyarakat untuk membiasakan prokes 6M dalam kehidupan kita sehari-hari, yakni Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir/hand sanitizer, Mengurangi mobilitas, Menghindari kerumunan, dan Menghindari makan bersama.

“Ini bagian dari tanggung jawab dan kesadaran kolektif agar pandemi Covid-19 ini bisa terkendali dan segera berakhir. Jangan abai apalagi menyepelekan Covid-19 karena sudah banyak korban terpapar,” tandasnya.(rusmiadi).

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved