Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Waspada ! Besok Puncak Pasang Tertinggi Air Laut

Masyarakat Pangkalpinang diminta waspada apalagi dekat kawasan Pantai Pasirpadi lantaran gelombang air laut diperkirakan akan naik tertinggi hingga be

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Waspada Ombak Tinggi, Air Laut Pasir Padi Meluap Hingga ke Jalan. (Bangkapos.com/Dok) 

BANGKAPOS.COM, BANGK -- Masyarakat Pangkalpinang diminta waspada, apalagi berada dekat kawasan Pantai Pasirpadi lantaran gelombang air laut diperkirakan akan naik tertinggi hingga besok, Rabu (8/12/2021).

Demikian disebutkan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang, Dedi Revandi. Gelombang air laut diperkirakan tertinggi akan terjadi besok. Oleh karenanya ia meminta masyarakat untuk waspada.

"Sejak kemarin memang pantauan kita air laut sudah masuk hingga ke jalan, kalau hitungan waktu air akan surat pukul 12:00 WIB hingga 13:00 WIB itu sudah surut. Dan puncaknya itu memang akan terjadi besok Rabu (8/12) ini puncak atau pasang tertinggi air laut," ujar Dedi kepada  Bangkapos.com, Selasa (7/12/2021).

Dedi mengimbau masyarakat untuk diaga sejak hari ini, dan beberapa tim BPBD juga diturunkan khusus untuk besiaga di pantai Pasir Padi.

"Makanya kami minta masyarakat dekat kawasan pantai untuk siaga segera memindahkan barang-barang berharga, tim kita juga siaga disana kita juga fokus untuk banjir dititik-titik banjir lainnya membantu masyarakat untuk evakuasi barang-barang," katanya.

Terlebih kata Dedi, saat ini intensitas hujan cukup tinggi, dan waspada terjadi angin kencang. "Pada intinya kami meminta masyarakat untuk tetap waspada saja, semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," sebutnya.

Hal yang sama juga disebutkan oleh Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji.

Menurutnya, ketinggian pasang air laut maksimum akan terjadi di kawasan Sungailiat Bangka dan Pangkalpinang yang memiliki nilai pasang surut setipe.

Berdasarkan data perkiraan, tinggi air laut maksimum untuk Sungailiat Bangka dan Pangkalpinang hingga 2,72 meter. Disusul kedual di Membalong 2,58 meter.

"Sekarang ini memang sedang tinggi pasang surut air laut di pesisir, jadi kami himbau masyarakat juga untuk waspada," ujar Kurniaji. ( Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved