Breaking News:

DWP Provinsi Babel Dorong Cakupan Target Pembuatan KIA dan Akta, Lebih Mudah dan Cepat

Dalam rangka memperingati HUT Ke-22 Dharma Wanita Persatuan (DWP) di provinsi Bangka Belitung, digelarlah Pembuatan kartu identitas anak dan Akta

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam rangka memperingati HUT ke-22 Dharma Wanita Persatuan (DWP) di Provinsi Bangka Belitung, digelarlah pembuatan kartu identitas anak (KIA) dan akta kelahiran di depan Kantor Gubernur Provinsi Babel, Rabu (8/12/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari kalangan pegawai pekerja harian lepas (PHL), aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat umum sekitara kawasan pemerintah provinsi.

Bahkan digelar serentak di tiga kabupaten yakni Bangka, Bangka Barat dan Belitung.

Dalam menyukseskan kegiatan ini, DWP Provinsi Babel bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hadir membuka acara tersebut mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bangka Belitung, Naziarto ditandai dengan pemukulan beduk.

Dia menilai KIA sangat penting bagi anak didik, dengan adanya KIA menunjukan identitas anak di masyarakat.

"Apa yang dilakuakn DWP dan Dinas Dukcapil kota Pangkalpinang ini perlu diapresiasi. Dengan KIA, maka terjadi pemenuhan hak anak, sehingga anak mempunyai identitas yang sah dan bisa digunakan untuk fasilitas umum," katanya.

Selain itu, KIA ini dapat untuk mencegah terjadinya perdagangan anak, dengan ini bisa diketahui orangtua dengan sah.

"Menjadi bukti identifikasi diri saat anak mengalami kejadian buruk, menjamin anak mendapatkan pelayanan publik. Kelihatan kecil tetapi manfaatnya besar," katanya.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sri Rahayu Mulya Naziarto mengatakan kegiatan ini bentuk nyata kepedulian dalam mendukung program nasional.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved