Breaking News:

Kasus Covid-19 Turun, Disiplin Pakai Masker, Jaga Jarak dan Menghindari Kerumunan juga Menurun

Angka kepatuhan memakai masker di Bangka Belitung dalam sepekan ini 86,60 % dari 91,11% rerata nasional. Angka ini menurun dibanding pekan sebelumnya.

Editor: fitriadi
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Radmida Dawam membagikan masker beserta vitamin untuk masyarakat di pasar tradisional Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Jumat (3/12/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Seiring menurunnya tren kasus Covid-19 di Bangka Belitung dalam 2 bulan terakhir, tingkat kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan ternyata juga mengalami penurunan.

Angka kepatuhan memakai masker di Bangka Belitung dalam sepekan kemarin 86,60 % dari 91,11% rerata nasional. Angka ini menurun dibanding pekan sebelumnya.

Penurunan juga terjadi pada tingkat kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan hanya 81,30% dari 89,63% rerata nasional.

Fakta ini merupakan hasil monitoring kepatuhan dalam menerapkan Protokol Kesehatan yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 di 34 provinsi di Indonesia selama 1 pekan (29 November-05 Desember 2021).

Di Bangka Belitung, monitoring dilakukan di 622 titik pantauan yang tersebar di 7 daerah kota dan kabupaten.

"Tentu saja hal ini menjadi kabar kurang baik dan mencemaskan di tengah ikhtiar  bersama dalam menghadapi serta mengantisipasi dan mempersiapkan diri terhadap ancaman gelombang ke-III yang ada di depan mata berupa variant of concern maupun mutasi baru Covid-19 yang saat ini sudah melanda negara jiran," kata Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung, Andi Budi Prayitno kepada Bangkapos.com, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: BREAKING NEWS, Warga Geger Penemuan Mayat, Tiga Hari Tak Pulang, Rj Ditemukan Mengambang di Sungai

Baca juga: Masih Terjadi Antrean di SPBU, ESDM Bangka Belitung Akui Kartu Kendali Perlu Evaluasi

Baca juga: Tak Disangka, Ini Rahasia Jackie Chan yang Baru Terungkap, Tiap Malam Sewa PSK hingga Perselingkuhan

Satgas kembali mengingatkan masyarakat Bangka Belitung untuk membiasakan protokol kesehatan 6M dalam kehidupan sehari-hari.

Protokol kesehatan 6 M di maksud meliputi Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir/hand sanitizer, Mengurangi mobilitas, Menghindari kerumunan, dan Menghindari makan bersama.

Andi Budi menegaskan, upaya ini sebagai bagian dari tanggung jawab dan kesadaran kolektif agar pandemi Covid-19 bisa terkendali dan segera berakhir.

"Jangan abai apalagi menyepelekan Covid-19 karena sudah banyak korban terpapar, yang sembuh dan kembali sehat pun juga banyak, namun tidak sedikit yang kemudian tak tertolong dan berujung kepada kematian/meninggal dunia," kata Andi Budi.

Protokol kesehatan, kata Andi Budi adalah cara paling sederhana dan mudah serta murah agar kita dan orang-orang di sekitar kita tidak terpapar Covid-19. Itu artinya ada tanggung jawab kita sebagai sesama warga masyarakat, sehingga penularan dan penyebaran Covid-19 tidak meluas dan menjadi masif di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Beberapa warga yang diwawancara Bangkapos.com mengatakan mereka masih tetap memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Kalau di luar tetap pakai masker. Tidak hanya untuk mencegah Covid-19, selam pakai masker juga saya tidak pernah kena flu dan batuk. Ternyata pakai masker banyak gunannya juga," ujar Siti Aminah warga Temberan, Pangkalpinang.

Pantauan di Pasar Air Itam pada Rabu (8/12/2021) pagi, sejumlah warga terlihat tidak menggunakan masker saat berbelanja.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved