Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tertarik Beli Mobil Bekas? Ini Alasan Konsumen di Bangka Belitung, Dari Harga Murah Hingga Pajak

Hampir sebagian besar orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas daripada mobil baru. Selain dari segi harga yang lebih miring

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Beberapa unit mobil berbagai jenis dan merek saat terparkir rapi di dalam showroom mobil bekas yang ada di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Rabu (8/12/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Hampir sebagian besar orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas daripada mobil baru. Selain dari segi harga yang lebih miring juga dikarenakan alasan yang lain.

Demikian yang diungkapkan Dika (30) seorang pembeli mobil seken asal Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung kepada Bangkapos.com.

Menurut warga Kelurahan Kacang Pedang ini membeli mobil bekas yakni mobil akan langsung siap pakai setelah transaksi dilakukan berbeda dengan mobil baru yang banyak proses.

Proses yang dimaksud seperti menunggu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil terlebih dahulu yang memakan waktu hingga bulanan.

Belum lagi apabila mobil yang diinginkan memiliki banyak peminat, tentunya harus inden dan menunggu waktu yang tidak pasti.

“Kalau beli mobil bekas memang ada keuntungan sendiri, selain langsung pakai. Kalau mobil baru harus urus surat segala macam ada juga yang harus nunggu mobil datang diantar dari luar kota,” ungkap Dika kepada Bangkapos.com, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Harga Timah Melejit, Pengusaha Mobil Bekas Ketiban Untung, Laris Manis Seperti Jual Kacang Rebus

Baca juga: Mobil Baru DP Fantastis, Diler Mobil Promo Akhir Tahun 2021

Di sisi lain kata Dika, pembeli mobil bekas juga mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan mobil baru. Dengan kondisi yang sudah pernah dipakai orang lain, tentu saja akan ada penurunan harga jual.

Terlebih ada mobil yang harga jualnya turun banyak dari harga barunya. Hal ini tentu saja akan lebih menguntungkan bagi konsumen mobil bekas.

“Menurut saya mobil bekas itu tak berbeda jauh dengan mobil baru, kalau hanya lecet itu hal biasa namanya juga mobil second. Untuk harga lebih terjangkau beli mobil second daripada baru, kegunaannya juga sama aja,” beber Dika.

Selain itu menurutnya, dari segi pembayaran pajak mobil baru biasanya lebih mahal dibandingkan mobil bekas. Namun, kembali lagi tetap diperhatikan pajak progresif.

“Jadi jangan sampai setelah dibeli ternyata mobil dengan status progresif kedua bahkan lebih. Itu kita bayarnya lebih dari pajak awal,” saran pria yang juga memiliki usaha rental mobil ini.

Sementara itu pembeli mobil bekas lain, Andri (35) mengatakan, pertimbangan membeli mobil bekas untuk pengusaha rental mobil seperti dirinya juga lebih menguntungkan. Yakni dimana mobil dapat dibeli secara kredit dengan suku bunga rendah.

“Bunga bank juga rendah kalau beli mobil bekas kredit, apalagi untuk usaha jadi masih ada untung,” ujar warga Kelurahan Air Itam ini.

Baca juga: Promo Akhir Tahun Uang Belanja Langsung & DP Murah Untuk Beli Mobil Baru di Suzuki Jagorawi Motor

Baca juga: Info Harga Mobil Bekas 2021 di Bawah Rp 100 Juta, Audi Hingga Hyundai Santa Fe

Selain itu sebut dia, pembelian mobil bekas juga tergantung kepada kegunaannya sehari-hari.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved