Breaking News:

VIDEO

2.203 Rumah Diterjang Banjir Rob di Bangka Belitung Akibat Fenomena La Nina

Beginilah tampilan udara yang berhasil direkam oleh kamera Drone atau pesawat tanpa pilot milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Beginilah tampilan udara yang berhasil direkam oleh kamera Drone atau pesawat tanpa pilot milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang.

Tampilan ini merupakan banjir rob yang terjadi di sejumlah wilayah di Kota Pangkalpinang, Kamis (9/12/2021).

Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka, Mikron Antariksa mengklaim, bencana alam yang terjadi di penghujung tahun 2021 ini merupakan yang terparah sejak kurun waktu lima tahun terakhir.

Bencana alam ombak pantai yang cukup besar disertai angin kencang yang melanda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak Senin (6/12/2021) hingga Kamis (9/12/2021) akibat adanya fenomena La Nina.

Berdasarkan data dari BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat sebanyak 2.203 rumah diterjang banjir rob dan 270 rumah dihempas angin kencang.

Mikron berujar, banjir rob yang melanda 7 kabupaten kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki ketinggian yang bervariasi. Mulai dari ketinggian 10-70 sentimeter.

Selain banjir rob, fenomenal La Nina juga mengakibatkan angin kencang seperti yang terjadi di wilayah Bangka Selatan.  Sedikitnya tiga desa yang terdampak yakni Desa Bencah, Desa Delas dan Desa Sidoarjo di Kecamatan Air Gegas.

Dari 270 rumah yang terdampak sebanyak 100 rumah di antaranya mengalami rusak dengan kriteria berat.

Di samping itu, untuk daerah yang paling ter dampak fenomena La Nina yakni Kota Pangkalpinang.

Selain itu, daerah di pesisir Timur yang berbatasan langsung dengan laut Cina Selatan mulai dari Bangka Selatan hingga ke Belinyu juga terkena dampaknya.

Sementara itu, dengan adanya fenomena La Nina ini beruntungnya belum menimbulkan korban jiwa. Hanya saja satu orang mengalami luka ringan akibat tertimpa atap rumah saat terjadi angin kencang. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved