Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Dinkes Babel Persiapkan Tiga Upaya Sambut Nataru dan Antisipasi Virus Omicron

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bangka Belitung (Babel) mempersiapkan tiga upaya dalam hal menyambut hari natal dan tahun baru (Nataru) 2022 dan men

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
istimewa
Berbagai kegiatan yang dilakukak Dinkes Babel dalam upaya penanganan Covid-19.(Foto Ist/Dinkes Babel) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bangka Belitung (Babel) mempersiapkan tiga upaya dalam hal menyambut hari natal dan tahun baru (Nataru) 2022 dan mengantisipasi varian baru, Omicron.

Pertama, memperketat protokol kesehatan, kedua memepercepat vaksinasi dan ketiga mengoptimalkan tracking serta tracing.

Hal ini diutarakan oleh Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Bangka Belitung, M Rais Haru. "Selama ini juga upaya-upaya tersebut sudah dilakukan, kita tetap mengikuti arahan sesuai Inmendagri Nomor 65 Tahun 2021, tetap kita ikut acuan dari mereka," ujar M Rais, Kamis (9/12/2021).

Masing-masing tujuh kabupaten di Bangka Belitung dibagi menjadi 3 level yakni PPKM level 1 Bangka Selatan, Level 2 Bangka Tengah, Bangka Barat, Pangkalpinang, Belitung, Belitung Timur dan Level 3 hanya Bangka.

"Mendagri menekankan akan ada pembatasan di tempat-tempat umum agar tidak terjadi kerumunan, kami tentu akan mengikuti itu dengan memperketat Prokes," katanya.

Dinkes Babel akan melakukan sinergi dan koordinasi dengan dinkes kabupaten kota dan satuan tugas Covid-19.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Kepulauan Babel, dr Hastuti mengatakan terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Antisipasinya, prokes harus dijalankan. Yang jelas kami menghimbau menerapkan prokes 5M , apalagi nanti libur kami harap  mobilitas jangan berlebihan," kata dr Hastuti.

Tak hanya itu, bagi masyarakat yang belum vaksin, diharapkan untuk segera suntik vaksin agar bisa membentuk kekebalan tubuh. "Kami sudah melakukan upaya promosi, sudah sering secara rutin dengan radio bahkan talkshow serta penyuluhan langsung," katanya.

Sekretaris Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19, Mikron Antariksa mengatakan pada Nataru 2022 nanti akan ada Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Masa Nataru (Natal dan tahun baru). 

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved