Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Hujan Semakin Lebat Menjelang Akhir Tahun, Angin Kencang pun Melanda, Begini Peringatan BMKG

Hujan terus mengguyur hampir seluruh wilayah di Pulau Bangka dan Belitung. Bahkan dikarenakan intensitas hujan yang sedang hingga lebat terus terjadi

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
kompas.com
Ilustrasi hujan deras 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Hujan terus mengguyur hampir seluruh wilayah di Pulau Bangka dan Belitung. Bahkan dikarenakan intensitas hujan yang sedang hingga lebat terus terjadi ini, terjadi genangan di beberapa wilayah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memprediksikan bahwa hujan akan makin berpeluang besar mendekati akhir tahun atau bulan Desember 2021.

"Potensi hujan sedang-lebat masih tinggi di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Babel bahkah hingga Februari. Diprakirakan akan lebih besar dan periodenya hujan semakin panjang," ujar Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji, Kamis (9/12/2021).

Dia menyebutkan karena kondisi cuaca yang buruk ini maka berpotensi terjadi genangan atau banjir rob bahkan angin kencang .

"Puting beliung umumnya akan lebih besar potensinya terjadi di pancaroba, tapi tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi di puncak penghujan.

Namun yang pasti akan sering terjadi di puncak musim penghujan seperti saat ini adalah angin kencang, walaupun kecepatannya tidak sekencang puting beliung dan tidak membentuk pusaran seperti puting beliung tetapi tetap saja dampak fenomena ini juga merugikan masyarakat," katanya.

BMKG menghimbau agar masyarakat waspada dan menyarankan beberapa hal meliputi :

1. Selalu pantau informasi prakiraan cuaca sebelum beraktivitas

2. Pastikan atribut musim penghujan selalu tersedia di rumah dan kendaraan dan dalam kondisi prima

3. Hindari braktivitas diluar ketika hujan sedang-lebat disertai angin kencang dan petir kecuali memang sangat mendesak

4. Kepada kelompok nelayan dan penyedia jasa penyebrangan dimohon untuk mematuhi himbauan yang dikeluarkan oleh KSOP terkait himbauan untuk tidak beraktivitas dikarenakan kondisi cuaca yang tidak kondusif di sisi perairan. ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)
 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved