Breaking News:

Berita Sungailiat

Angkat Lada Putih, Pemuda Tani HKTI Bangka Belitung Jalin Kerjasama Hingga ke Turki dan Iran

Beberapa waktu lalu, Ketua DPD Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Bangka Belitung menghadiri pertemuan bisnis

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: nurhayati
Ist/Pemuda Tani HKTI Babel
Perwakilan Pemuda Tani HKTI Babel saat mengikuti pertemuan bisnis dan kerjasama di Turki dan Iran beberapa waktu lalu. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua DPD Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia KTI) Bangka Belitung menghadiri pertemuan bisnis yang dihadiri peserta dari Turki dan Iran.

Kepada Bangkapos.com, Jum'at (10/12/2021), Ketua DPD Pemuda Tani HKTI Babel, Redy Zedira Tama menyampaikan bahwa pertemuan tersebut adalah dalam rangka business matchiiing & technology matching, membangun jaringan pemasaran dan investasi serta transfer teknologi pertanian.

Pertemuan tersebut dilaksanakan selama dua kali. Yang pertama dilakukan di Karnaman Dernekler Yerleskesi, Turki pada 29 November 2021.

Baca juga: Pembangunan Pemecah Ombak di Pesisir Pantai Terentang Hingga Pantai Ardal Butuh Dana Rp80 Miliar

Baca juga: Menolak Divaksin Covid-19, Kontrak Tenaga Honorer di Kabupaten Bangka Terancam Tidak Diperpanjang

Sedangkan, yang kedua dilaksanakan di Iran House of Innovation and Technology (IHIT)yang juga dihadiri langsung oleh Dubes Republik Indonesia untuk Iran, Ronny Prasetyo pada tanggal 3 Desember 2021 lalu.

Perwakilan Pemuda Tani HKTI Babel saat mengikuti pertemuan bisnis dan kerjasama di Turki dan Iran beberapa waktu lalu.
Perwakilan Pemuda Tani HKTI Babel saat mengikuti pertemuan bisnis dan kerjasama di Turki dan Iran beberapa waktu lalu. (Ist/Pemuda Tani HKTI Babel)

Pada pertemuan itu, Redy Zedira Tama membawa produk berupa lada putih yang merupakan salah satu hasil pertanian yang menjadi andalan dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Lada putih di Bangka Belitung dikenal dengan Lada Muntok yang berkualitas dan layak di ekspor karena memiliki cita rasa yang sangat pedas dan berkadar piperin tertinggi di dunia," kata Redy.

Baca juga: Jumlah Penduduk Bertambah, DPRD Bangka Tengah Berpotensi Menjadi 30 Kursi

Baca juga: Demi Ikut Tes PPPK, Guru SDN 18 Merawang Ini Digendong Sang Adik, Walau Sakit Berjuang untuk Lulus

Dia berharap, dengan adanya pertemuan ini bisa membuka wawasan bagaimana membangun pasar internasional dan juga jadi penyemangat bagi teman-teman petani di Bangka Belitung, baik petani lada maupun petani lainnya.

"Kami bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi konsumsi masyarakat di Turki yang merupakan daerah dingin, sehingga sangat cocok membutuhkan lada sebagai bahan bumbu masak. Demikian juga di Iran, bagaimana teknologi pertanian seperti pupuk, teknologi pembiakaan hewan dan pengairan yang sudah sangat maju," ungkap Redy.

Di samping itu, pada pertemuan kerja sama di Turki, Pemuda Tani melakukan MoU dengan pihak asosiasi pertanian turki berupa kesepakatan ekspor kopi dari Indonesia sebanyak 30 ton perbulan.

Perwakilan Pemuda Tani HKTI Babel saat mengikuti pertemuan bisnis dan kerjasama di Turki dan Iran beberapa waktu lalu.
Perwakilan Pemuda Tani HKTI Babel saat mengikuti pertemuan bisnis dan kerjasama di Turki dan Iran beberapa waktu lalu. (Ist/Pemuda Tani HKTI Babel)

Sementara untuk produk lainnya seperti lada, briket, beras organik dan teh kelor akan ditindak lanjuti oleh tim dari Pemuda Tani HKTI untuk melakukan ekspor ke Turki.

Tidak hanya itu, pada bulan Maret tahun 2022 mendatang, Pemuda Tani juga akan berpartisipasi dalam pameran produk pertanian di Itali dengan membawa hasil pertanian dari seluruh Indonesia.

"Saya selaku Ketua Pemuda Tani HKTI Babel mohon doa dan dukungan dari masyarakat serta pemerintah agar produk pertanian dari Babel seperti lada, madu pelawan, teh pelawan bisa kita pasarkan ke negara lain," kata Redy.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved