Breaking News:

Erzaldi Rosman

Kebijakan KUR Gubernur Babel Sangat Membantu Petani dan Peternak di Daerah  

Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, terus mendorong kemampuan produksi bidang pertanian dan peternakan masyarakat Bangka Belitung melalu

Penulis: Riki Pratama | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Dok
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, terus mendorong kemampuan produksi bidang pertanian dan peternakan masyarakat Bangka Belitung melalui fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi program unggulan masyarakat.

Seiring adanya KUR ini banyak petani dan peternak mengaku terbantu melalui kebijakan KUR Gubernur Babel Erzaldi.

Seperti disampaikan peternak sapi asal Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Dikam (65). Ia mengatakan telah merasakan langsung manfaat dari program KUR, karena telah memberikan modal untuk usaha ternak sapi kurban yang kini telah berkembang pesat.

"Alhamdulilah dengan program KUR pemerintah ini, saya dapat bantuan pinjaman penggemukan sapi, sehingga bisa bantu ekonomi saya. Sebelum ada KUR itu saya tersendat ekonominya. Tetapi sekarang saya bersyukur," kata Dikam kepada Bangkapos.com, Minggu (12/12/2021).

Dikam mengatakan, program KUR yang ia lakukan dilakukan melalui Bank milik pemerintah, ia diberikan modal Rp 100 juta untuk membeli delapan ekor sapi dan sekarang telah berkembang.

"Dengan ada program KUR sapi, saya mengambil pada tahap kedua dari Bank BNI cabang Toboali, alhamdulilah jalan dengan lancar. Saya mendapat 2 paket dari saya dan anak saya, totalnya Rp 100 juta itu saya belikan sapi mendapatkan 8 ekor, untuk persiapan sapi kurban," jelasnya.

Dia mengatakan sapi penggemukan untuk kurban tersebut saat ini telah habis dibeli oleh petani kurban dan hasil penjualan ia dapat membali sapi lainya.

"Hasil penjualan saya beli lagi sapi yang lain, ada sampai 83 ekor. Selain saya dapat kepercayaan untuk mengelola sapi 39 ekor dari pengusaha sapi haji Badut. Jadi alhamdulilah program KUR ini telah membantu perekonomian saya saat ini," ujarnya.

Senada disampaikan, Ireng Maulana (38) petani porang asal Desa Petaling, Kabupaten Bangka. Ia mengatakan, melalui Program KUR dirinya dapat menanam 4.000 bibit porang senilai pinjaman Rp49 juta, bunga 6 persen.

"Tanaman porang ini baru masuk ke Bangka, awalnya yang memperkenalkan kami ada teman mengajak untuk mencoba menanam, melalui program KUR dengan disediakan bibit," ujar Ireng.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved