Breaking News:

Diduga Agar Bisa Bicara Kepada Para Dewa di Alam Baka, Ahli Temukan Mumi dengan Lidah Berlapis Emas

lidah berlapis kertas emas itu kemungkinan merupakan tradisi yang diyakini dapat membantu mereka berbicara dengan dewa ketika sudah mati....

Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities via Live Science
Arkeolog menemukan tiga mumi yang lidahnya ditempeli atau dilapisi kertas emas. Menurut ahli, ini termasuk kepercayaan yang berguna di alam baka.(Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities via Live Science) 

BANGKAPOS.COM -- Para arkeolog untuk kedua kalinya berhasil menemukan lidah emas di pemakaman Mesir kuno'> Mesir kuno.

Makam pria itu berisi tiga sosok mumi yang dikebumikan di dalam sarkofagus batu kapur dengan tutup berbentuk manusia, serta empat guci kanopi yang dirancang untuk menampung organ jenazah, jimat termasuk scarab, manik-manik hijau, dan sekitar 400 patung pemakaman yang dikenal sebagai ushabti, dibuat dari faience atau keramik berlapis.

Identitas ketiga mumi ini tidak diketahui, tetapi para arkeolog berharap penggalian yang sedang berlangsung akan mengungkapkan lebih banyak petunjuk.

Ketiganya diperkirakan sebagai seorang pria, perempuan dan anak-anak, mereka diduga adalah penduduk Mesir Kuno.

Yang membuat penemuan ini menarik, ketiga mumi ini memiliki lidah yang dilapisi kertas emas.

Baca juga: Gelagat Aneh Suami di Kamar Mandi Terbongkar, Istri Terkejut Lihat Anak Gadisnya Lemas di Ranjang

Baca juga: Terbongkar, Inilah Negara Eropa yang Menghasut Timor Leste Untuk Merdeka dari Indonesia

Baca juga: Etnis Kalash, Wanitanya Terkenal Cantik-cantik dan Bebas Lakukan Hal ini di Depan Suami

Menurut Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, lidah berlapis kertas emas itu kemungkinan merupakan tradisi yang diyakini dapat membantu mereka berbicara dengan dewa ketika sudah mati.

Arkeolog menemukan tiga mumi yang lidahnya ditempeli atau dilapisi kertas emas. Menurut ahli, ini termasuk kepercayaan yang berguna di alam baka.(Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities via Live Science)
Arkeolog menemukan tiga mumi yang lidahnya ditempeli atau dilapisi kertas emas. Menurut ahli, ini termasuk kepercayaan yang berguna di alam baka.(Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities via Live Science) (Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities via Live Science)

Ketiga mumi itu dikubur dalam dua makam berdekatan.

Salah satu makam yang berisi mumi perempuan dan anak berusia 3 tahun memiliki jejak penjarahan.

Dikutip dari portal berita Ahram Online, Minggu (5/12/2021), makam berisi dua mumi itu memiliki sarkofagus batu kapur dengan tutup berbentuk seperti wanita.

Sementara untuk kuburan pria yang diperkirakan berasal dari dinasti ke-26 (664 SM hingga 525 SM) juga dikenal sebagai periode Saite, tidak disentuh penjarah.

"Ini sangat penting, karena kami jarang menemukan makam yang benar-benar tertutup," kata Esther Pons Mellado, salah satu direktur misi arkeologi Oxyrhynchus, kepada The National, sebuah surat kabar yang meliput Timur Tengah.

Dilansir dari Live Science, Kamis (9/12/2021), Para peneliti dari Misi Arkeologi Oxyrhynchus, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, dan Universitas Barcelona menemukan ketiga mumi ini di situs arkeologi Oxyrhynchus, dekat kota modern El Bahnasa, sekitar 160 kilometer, selatan Kairo.

Baca juga: Doa Mohon agar Rezeki Melimpah, Amalkan Potongan Surat At Thalaq Ini, Lengkap Arab Latin dan Artinya

Baca juga: 18 Game Penghasil Uang Gratis yang Bisa Dimainkan saat Jam Istirahat, Buat isi Saldo DANA hingga Ovo

Baca juga: Fenomena Buzzer di Indonesia, Mulai Besaran Gaji, Sistem Kerja hingga Tebar Propaganda

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp, dari Huruf Tebal, Miring, Bergaris hingga Warna-warni

Menurut situs web misi tersebut, Oxyrhynchus adalah ibu kota nome ke-19 atau provinsi Mesir Hulu.

Dikenal karena papirus Oxyrhynchus, atau bahasa Yunani kuno, Latin, dan bahasa lain yang ditulis pada ratusan ribu papirus yang berasal dari abad ketiga SM hingga abad ketujuh M.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved