Breaking News:

VIDEO

Peringati HKSN 25 Rutilahu Desa Tanjung Laut Direnovasi

Mismi (50) kini bisa bernafas lega usai rumah semi permanen berukuran sekitar enam kali enam meter miliknya, mendapat bantuan renovasi dari Kementeria

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Mismi (50) kini bisa bernafas lega usai rumah semi permanen berukuran sekitar enam kali enam meter miliknya, mendapat bantuan renovasi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Hal ini menyusul bantuan dimana sebanyak 25 rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Desa Tanjung Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat mendapatkan bantuan renovasi yang ditargetkan akan rampung pada 19 Desember 2021.

Sebelumnya Mismi yang sehari-harinya bekerja sebagai nelayan, harus tinggal bersama tiga orang anaknya dengan beratapkan daun nipah.

"Kalau hujan ya bocor, kalau mau tidur terus hujan susah kalau mau tidur. Biasanya hujan di tadah pakai ember sama baskom, jadi susah kalau hujan," ujar Mismi, Selasa (14/12/2021).

Selain itu juga daerah Tanjung Laut juga diketahui merupakan daerah langganan banjir, hal ini pun kian menyulitkan Mismi bersama warga lain untuk tinggal dengan nyaman.

"Waktu banjir kemaren di dapur setinggi lutut, kalau di depan rumah setinggi mata kaki. Alhamdulillah ada bantuan renovasi rumah, terimakasih banyak udah ada bantuan," katanya.

Sementara itu saat ini sejumlah anggota dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (Dinsos Pemdes) Kabupaten Bangka Barat, Polres Bangka Barat, Kodim 0431/Bangka Barat, Pos AL Muntok, pun sudah mulai membantu melakukan sejumlah renovasi.

Kepala Dinsos Pemdes Kabupaten Bangka Barat, Suradi mengatakan kegiatan renovasi dilakukan guna percepatan target pemenuhan pembangunan Rutilahu.

"Diharapkan memberikan manfaat kepada masyarakat yang tadi lokasinya tidak begitu nyaman, setelah masuknya program ini diharapkan permukiman ini menjadi nyaman. Lingkungan yang asri dan akan dapat menjadi hunian yang menarik, itu harapan dari program Kemensos," kata Suradi.

Selain itu Suradi juga berharap dengan renovasi yang dilakukan, juga dapat meningkatkan perekonomian di kawasan Desa Tanjung Laut.

"25 rumah itu dalam satu kawasan ini, sehingga kawasan ini akan dikembangkan juga perekonomian. Program Rutilahu ini akan terus berkembang bantuan, terhadap usaha-usaha yang ada di daerah ini. Hal ini agar faerah pesisir disekitar tanjung ini harapannya menjadi kawasan secara ekonomi kuat, kemudian secara sosialnya juga menjadi lingkungan yang tertata," jelasnya.

Sementara itu renovasi Rutilahu Desa Tanjung Laut, juga dalam memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2021 yang diperingati setiap 19 Desember.

"Iya HKSN ini meliputi beberapa rangkaian, seperti pemberian bantuan renovasi Rutilahu ini menjadi bagian dari peringatan HKSN tersebut," ungkapnya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved