Breaking News:

Binda Babel Awali Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak 6-11 Tahun di Babel, Kemenkes: Sasaran 8,9 Juta Jiwa

Kemenkes merinci untuk menyelesaikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dibutuhkan kurang lebih sekitar 58,7 juta dosis vaksin

Editor: rusmiadi
Istimewa/Binda Babel
Pelaksanaan Vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun yang digelar Binda Babel di SD 13 Manggar, Belitung Timur, Selasa (14/12/2021) 

BANGKAPOS.COM - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengawali pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-12 tahun di Babel, yang pertama kali digelar di Belitung Timur (Beltim), Selasa (14/12/2021).

Kepala Binda (Kabinda) Babel Imam Santoso mengatakan pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun ini menindaklanjuti perintah dan arahan dari Presiden RI Joko Widodo, mengacu Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021.

Kabupaten Beltim menjadi yang perdana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Babel, juga serentak diselenggarakan secara nasional mulai tanggal 14 Desember 2021.

"Dalam keputusan tersebut menyatakan bahwa anak pada usia 6-11 tahun telah dinyatakan aman untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19. Oleh karena itu, kami bersama Pemkab Belitung Timur menggelar pencanangan atau kickoff vaksinasi di SD 13 Manggar,” kata Imam dalam rilisnya, Selasa (14/12/2021).

Ia menerangkan, perluasan kelompok usia sasaran vaksinasi perlu segera dilakukan untuk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh kepada masyarakat.

“Pencanangan Vaksinasi covid-19 usia 6-11 tahun kali ini merupakan hasil koordinasi yang baik antara Binda Babel dengan dinkes provinsi dan kabupaten, dinas pendidikan dan Forkopimda di Kabupaten Belitung Timur,” ujarnya.

Terpisah Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Babel dr Bangun Cahyo Utomo mengatakan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Babel, dimulai di Kabupaten Beltim dan Kabupayen Bangka Barat (Babar) pada hari Selasa, (14/12/2021).

"Vaksinasi anak sudah di kick off, untuk Bangka Belitung itu hanya dua kabupaten yang sudah dapat izin dari pusat untuk melaksanakan, untuk kick off sedang kita kondisikan," ujar Juru dr Bangun yang juga Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo, Rabu (15/12/2021).

Kata dia, dua kabupaten yang sudah dapat izin ini dikarenakan sudah memenuhi ketentuan yakni cakupan vaksinasi untuk lansia yang sudah mencapai 60 persen. Namun untuk waktu pelaksanaan masih dalam proses koordinasi dengan pihak pemerintah kabupaten.

"Sebetulnya kota Pangkalpinang sudah 60 persen, jadi kemarin kita usulkan juga, kita sudah koordinasi agar kota Pangkalpinang juga melaksanakan itu," katanya.

Jenis vaksin yang digunakan untuk anak-anak ini jenis Sinovac yang sesuai dengan izin BPOM. Dia meyakini dengan adanya vaksinasi untuk anak-anak ini, akan dapat sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah.

"Saran untuk anak-anak yang akan vaksin, paling makan-makanan yang bergizi dan patuhi prokes. Kalau setelah divaksin, ada gejala demam, pusing atau apapun, maka segera lapor ke faskes setempat, atau ada nomor kontak di sertifikat vaksin yang bisa dihubungi. InsyaAllah vaksin untuk anak-anak tak ada masalah," katanya.

8,9 Juta Jiwa Jadi Sasaran

Sementara itu Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan Pemerintah secara resmi melaksanakan kick off vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada Selasa, 14 Desember 2021.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved