Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Lima Tahun Jalin Kerjasama Belum ada Pembangunan di Pulau Ketawai, Disbudparpora Lakukan Evaluasi

Masyarakat Bangka Belitung tentu sudah tak asing lagi dengan keberadaan destinasi wisata Pulau Ketawai yang terletak di Desa Kurau

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Sela Agustika
Kondisi papan nama Ketawai yang sudah rusak 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Masyarakat Bangka Belitung tentu sudah tak asing lagi dengan keberadaan destinasi wisata Pulau Ketawai yang terletak di Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah.

Pulau dengan panorama keindahan pantai yang cantik dan asri ini menjadi daya tarik bagi pengunjung, baik lokal maupun mancanegara.

Namun sayangnya fasilitas-fasilitas penunjangnya di kawasan pulau, seperti plang bertuliskan Ketawai yang terdapat di sisi tepi pantai ini tampak rusak dan tak lagi lengkap.

Selain itu akses jembatan yang biasanya dimanfaatkan oleh perahu-perahu sebagai penghubung menuju pulau pun sudah rusak sehingga tidak dapat lagi dimanfaatkan.

Diketahui Pemkab Bangka Tengah dan PT Ketawai Indah Resort telah melakukan perjanjian kerja sama selama 30 tahun sejak 2015, dengan nomor 593.1/1566/dekade/2015 dan nomor 001/ps.VI/SO-BGK/2015, dengan besaran biaya sewa yang disepakati, yakni sebesar kurang lebih Rp1,9 miliar.  

Namun hingga saat ini kurang lebih lima tahun perjanjian kerja sama berjalan, keberadaan Pulau Ketawai ini sama sekali tidak dilakukan pembangunan.K

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga ( Disbudparpora) Bangka Tengah, Zainal mengakui memang selama kerjasama ini berjalan, memang belum ada pembangunan yang dilakukan pihak ketiga.

Bahkan saat ini pihaknya pun terus melakukan konfirmasi kepada pihak ketiga untuk mengevaluasi terkait kerja sama Pulau Ketawai yang masih berlangsung.

"Memang selama ini belum terlihat pembangunan, dan kita telah ketemu dengan pihak kejaksaan dan pihak ketiga untuk hal ini, intinya kami tetap berusaha agar pihak ketiga ini bisa langsung datang untuk komunikasi langsung status penyewaan ini dan melakukan revisi ulang," ungkap Zainal kepada Bangkapos.com, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Faktor Cuaca Harga Cabai Rawit Merah di Bangka Barat Melambung Hingga 78,18 Persen

Baca juga: Open BO Berakhir Tragis, Wanita Muda Asal Bangka Tewas di Tangan Pria Pembooking, Perhiasan Digadai

Sementara itu terkait prosedur penyewaan dan nilai sewa yang di setujui saat ini dirinya tidak mengetahui pasti, namun ia menyebutkan nilai sewa yang disetujui telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Nilai sewa ini memang sudah sesuai ketetapan dan ada peraturan yang berlaku, namun untuk penyerahan penyewaan ini ke pihak ketiga saya kurang tahu pasti karena saya baru tau tahun ini (2021) dimana perjanjian ini sudah sejak 2015 lalu, tetapi melihat potensi Pulau Ketawai ini bagus untuk tujuan wisata dan pengelolaannya butuh dana yang besar, sehingga perlu dukungan pihak lain," kata Zainal.

Menurutnya,  apabila dilakukan pertemuaan secara langsung, pihaknya akan menegaskan kepada pihak ketiga terkait sewa dan pengelolaan Pulau Ketawai.

"Kalau melihat kondisi sekarang ini pihak ketiga sudah membayar kontrak sebesar Rp1,9 M, yang mana intinya sekarang ini yang rugi mereka, karena sudah melakukan invesasi tapi belum mendapat sesuatu dari invesasi itu. Akan tetapi dengan progres mereka yang tidak jalan, maka 30 tahun kedepan pemerintah, dan masyarakat yang rugi karena tidak adanya pembangunan aset," jelas Zainal.

Baca juga: Libur Sekolah saat Nataru Dicabut, Pembagian Rapor Sekolah di Pangkalpinang Tetap Bulan Desember

Baca juga: Pembunuh Cewek Asal Bangka yang Tewas di Kamar Hotel Belitung Ditangkap, Terungkap dari Rekaman CCTV

Ia berharap dengan  dijalinnya sama ini, pihak ketiga bisa melanjutkan proses perjanjian tersebut, dan dilakukan pengelolaan dengan baik.

"Kita tegaskan kepada mereka (pihak ketiga-red) apakah mau melanjutkan kerja sama ini, jika masih maka akan kita lakukan revisi atas perjanjian ini, dan kita juga tegaskan agar benar-benar dilakukan pengelolaan dengan baik," tegas Zainal.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved