Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pulau Ketawai Miliki Potensi Wisata Bahari, Sayang Bila Kurang Terawat  

Pemkab Bangka Tengah (Bateng) dan PT Ketawai Indah Resort melakukan perjanjian kerja sama selama 30 tahun, sejak 2015. Perjanjian kerja sama dituang

Penulis: Riki Pratama | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Dok
Kondisi papan nama ketawau yang sudah rusak 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemkab Bangka Tengah (Bateng) dan PT Ketawai Indah Resort melakukan perjanjian kerja sama selama 30 tahun, sejak 2015. Perjanjian kerja sama dituang dalam Surat Nomor 593.1/1566/dekade/2015 dan Nomor 001/ps.VI/SO-BGK/2015.

Nilai sewa selama 30 tahun hanya sebesar Rp1,9 miliar. Sejauh ini, kurang jelas hasil sewa dengan pihak ketiga itu.Pelaku Pariwisata Bangka Belitung, San San, mengatakan pulau Ketawai memiliki potensi untuk dapat dikembangkan untuk lokasi wisata bahari.

"Kalau potensi semuanya berpotensi. Namun kalau tidak ada digarap sesuai segmen pasarnya maka potensi itu tidak berarti apa-apa. Ketawai sangat berpotensi untuk wisata bahari," jelas San San kepada Bangkapos.com, Kamis (16/12/2021).

San San menambahkan, daya tarik Pulau Ketawai ialah jaraknya yang dekat dari Bandara Depati Amir dan Ibu Kota Provinsi Babel, Pangkalpinang sehingga cepat didatangi.

"Daya tariknya sangat dekat dan mudah aksesnya. Aku sudah lama tidak kesana, terakhir sebelum pandemi Covid-19. Saat itu agak sedikit kurang terawat dan fasilitas umum yang harus ditingkatkan," mintanya.

Kemudian, disinggung bagaimana terkait kerjasama Pemkab Bateng dengan PT Ketawai Indah Resort dengan perjanjian kerja sama selama 30 apakah dapat merugikan pemda, menurutnya tentunya ada pemasukan dan jangan sampai terbengkalai.

"Dalam hal apa dulu, secara keuangan kan sudah disewa, ada pemasukan dari pada terbengkalai. Dalam hal perjanjian aku tidak tahu seperti apa. Tetapi seyogianya si pemda tetap dapat pajak daerahnya dan segi branding juga ketawai jadi destinasi wisata yang menarik maka pemda akan dapat namanya juga. Disclamer ya bahwa ini hanya pendapat pribadi dan dari sisi pelaku," katanya. ( Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved