Breaking News:

Tim PKM Universitas Sahid Jakarta Dorong Pelaku UMKM Pangan

Tim PKM Universitas Sahid Jakarta Dorong Pelaku UMKM Pangan Dukung Wisata Kuliner di Bangka

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Fery Laskari
Istimewa
Peserta UMKM Wisata Kuliner foto bersama usai Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Senin (13/12). 

BANGGKAPOS.COM , BANGKA -- Bertempat di Bangka Botanical Garden (BBG) telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan Tim Dosen Universitas Sahid Jakarta, Prof Dr Ir Giyatmi MSi dan Euis Widiati SE MM, Senin (13/12/2021).

Adanya peluang dan potensi pengembangan wisata di Provinsi Bangka Belitung menjadikan upaya Tim Univeristas Sahid untuk dapat mengembangkannya melalui peningkatan promosi dan kualitas wisata kuliner di daerah Bangka. Karena dilihat dari aspek kekayaan alam dan kearifan lokal yang dimiliki Provinsi Bangka Belitung, sudah seharusnya dapat dioptimalkan dengan media promosi digital saat ini.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan lanjutan sebagai implementasi hasil riset terkait potensi wisata kuliner di Provinsi Bangka Belitung yang dilakukan oleh Tim Peneliti Dosen Universitas Sahid yang terdiri dari Dr Levyda SE MM, Prof Dr. Ir. Giyatmi MSi dan Kania Ratnasari ST MIB yang didukung oleh Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DPD Bangka Belitung dan Anggota DPD RI Periode 2014 - 2019 Bahar Buasan ST MSM MSc.
Pada kegiatan PKM yang dilaksanakan merupakan pendanaan dari program pembelajaran kolaboratif berorientasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tahun 2021. Sehingga pelaksanaan PKM tersebut diharapkan mampu memberikan dampak dan manfaat bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas produk wisata kulinernya, serta melatih kemampuan promosi pada bidang bisnis digital.

Adapun mitra PKM yang ikut serta pada kegiatan pengabdian tersebut terdiri dari para pelaku UMKM di bidang wisata kuliner, makanan khas daerah Bangka Belitung.
Selain itu acara tersebut dihadiri Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang Susi Erawati SE MM. "Para pelaku UMKM merasa senang sekali ketika mendapatkan undangan untuk diberikan sosialisasi dalam meningkatkan kualitas produknya, serta strategi promosi masa kini," kata Susi.

Tujuan pelaksanaan PKM, untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui wisata kuliner yang dimilikinya. Pada kesempatan tersebut para UMKM diberikan bantuan berupa perlengkapan pendukung aktivitas usahanya.

Satu di antara peserta PKM mengucapkan sangat berterima kasih telah diberikan pengetahuan dan bantuan blender yang bermanfaat untuk menunjang usahanya dalam membuat olahan produk makanan. Demikian juga pelatihan terkait membangun pemasaran digital (online) seperti Instagram dan facebook. (adv/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved