Breaking News:

Advertorial

Kabupaten Bangka Barat Tuan Rumah HKSN 2021, Semangat Gotong Royong Kunci Keberhasilan Daerah

Peringati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar Expo pameran UMKM

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Rizki Irianda Pahlevy
Peringatan puncak HKSN 2021 di Lapangan Gelora Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Minggu (19/12/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Peringati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar Expo pameran UMKM selama tiga hari beruntun di Lapangan Gelora, Muntok.

Kegiatan expo berlangsung sejak Jum'at (17/12/2021) dengan sejumlah penampilan seperti Gamma band, Djiran Band, Barongsai Bun Chiang, Sanggar Kampuseni dan Sanggar Seruni.

Lanjut di hari kedua, masyarakat pun kian dihibur oleh penampilan dari Lanun Band, Kuda Lumping Tresno Budoya, dan sejumlah sanggar.

Sedangkan dihari ketiga yang juga puncak HKSN 2021, penampilan dari Ipsi Bangka Barat, musik tradisional dari SMPN 1 Muntok, hingga Reog Ponorogo.

Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini mencicipi kue khas Muntok pada puncak HKSN 2021 di Lapangan Gelora Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Minggu (19/12/2021).
Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini mencicipi kue khas Muntok pada puncak HKSN 2021 di Lapangan Gelora Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Minggu (19/12/2021). (Bangkapos.com/Rizki Irianda Pahlevy)

Dalam expo HKSN 2021 kali ini belasan stand UMKM menjajakan berbagai jenis cemilan, hingga berbagai peralatan hasil karya para UMKM kian menyemarakkan puncak HKSN 2021.

Selain itu Pemkab Bangka Barat juga membagikan 1.500 berbagai jenis kue, seperti Pelite, Tompek Selong, hingga Boluder secara gratis yang juga hal ini menandakan Muntok sebagai Kota Seribu Kue.

Tak hanya penampilan dari pengisi acara dan UMKM, namun puncak HKSN 2021 semakin meriah dan berkesan, dengan hadirnya Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini.

Dalam pidatonya, Tri Rismaharini mengungkapkan HKSN 2021 selalu diperingati, dengan semangat kebersamaan untuk membuat daerah semakin maju.

"Kesetiakawanan diperlukan saat kita dalam keterbatasan, tapi kita harus bisa selesaikan bersama-sama. Kita bisa gotong royong karena ini merupakan kekuatan bangsa kita, jadi kebersamaan adalah kunci dan kita harus terus bergerak maju," ungkap Risma, Minggu (19/12/2021).

Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini menghadiri Peringatan puncak HKSN 2021 di Lapangan Gelora Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Minggu (19/12/2021)
Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini menghadiri Peringatan puncak HKSN 2021 di Lapangan Gelora Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Minggu (19/12/2021) (Bangkapos.com/Rizki Irianda Pahlevy)

Sebelumnya diketahui Kemensos RI memberikan sejumlah bantuan kepada para penyandang disabilitas, seperti bantuan, motor, mesin jahit, sembako dan berbagai bantuan lainnya dengan total anggaran Rp 2.626.379.388.

Lebih lanjut Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming mengatakan untuk bantuan kepada penyandang disabilitas, diharapkan dapat mempermudah kehidupan sehari-hari secara mandiri.

"Untuk penyandang disabilitas kita ingin mengangkat harkat dan martabat, mereka untuk bisa bekerja. Makanya ada berbagai bantuan, untuk membantu mereka bisa beraktivitas. Harga diri mereka yang harus diangkat, artinya tidak hanya bantuan sembako tapi mereka harus bergerak dan melakukan aktivitas," kata Bong Ming Ming.

Senada dengan Bong Ming Ming, Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengungkapkan pihaknya bersama Kabupaten Bangka Barat khususnya akan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

"Hadirnya Menteri bukan hanya hadir, beliau turun langsung untuk mengetahui bagaimana tingkat kesejahteraan sosial masyarakat. Ini HKSN juga sudah kita lakukan di beberapa daerah dan ini puncaknya di tempat kota sejarah ini. Kita harus saling membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tentunya untuk memajukan setiap daerah dan membuat masyarakat nyaman dan bahagia," ungkap Erzaldi Rosman.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved