Breaking News:

Kemensos RI Apresiasi Karang Taruna Desa Tebing, Gubernur Bangka Belitung Siap Membantu

Masih dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2021, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, bersama Direktur Pember

Penulis: iklan bangkapos | Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Kemensos RI Apresiasi Karang Taruna Desa Tebing 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Masih dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2021, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, bersama Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Kementerian Sosial (Kemensos) RI Seremika BR.

Karo, berkunjung ke Desa Tebing, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Minggu (19/12/21).

Kehadiran Gubernur Erzaldi dan perwakilan Kemensos RI tersebut, guna memberikan dukungan kepada Karang Taruna Desa Tebing, yang sedang mengembangkan kemampuan para pemuda dalam mengelola potensi desa.

Gubernur yang hadir bersama sang Istri, Melati Erzaldi beserta Direktur PSPKKM Kemensos RI sempat melihat-lihat usaha yang sedang dikembangkan, yaitu penggilingan beras.

Gubernur Erzaldi memberikan apresiasi atas kreativitas, serta inovasi yang telah diperlihatkan oleh pemuda-pemuda Desa Tebing.

Dari kunjungan itu pula, ia mengetahui apa saja yang menjadi kendala karang taruna, yang menjadi tugas pemerintah dalam menyokong beberapa hal yang dibutuhkan. Salah satunya yaitu ketersediaan mesin penggiling beras.

"Alhamdulilah Karang Taruna Desa Tebing ini, mereka sudah ada beberapa unit usaha, dan terutama usaha yang akan mereka kembangkan adalah menggiling beras. Kenapa usaha menggiling beras, karena mereka ingin menjadikan (Desa) Tebing sebagai sentra produksi beras, dan mereka ingin menjual ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Babar ini," ungkap Erzaldi.

Sebagai bentuk dukungan pula, orang nomor satu di Babel itu dihadapan perangkat desa maupun pengurus dan anggota Karang Taruna Desa Tebing, menjanjikan akan memberikan bantuan yang menjadi kebutuhan para pemuda-pemuda ini.

Ia menganggap, keseriusan pemuda Desa Tebing tidak terlepas dari komitmen bersama berbagai pihak di desa tersebut.

"Di saat pemuda-pemuda lain bersantai ria, pemuda atau Karang Taruna di Desa Tebing ini malah sangat bersemangat. Jadi kita men-support, mengapresiasi apa yang sudah mereka upayakan. InsyaAllah kami Pemprov. Babel akan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial, dan akan memberikan dukungan serta bantuan kepada karang taruna ini," katanya.

Sementara Direktur PSPKKM Kemensos RI, Seremika BR. Karo yang mewakili Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos RI Edi Suharto, menunjukkan dukungan penuh atas upaya yang sudah dilakukan Karang Taruna Desa Tebing. Pihaknya sengaja mendatangkan Karang Taruna dari Bukit Tinggi, Cibinong, dan Bogor sebagai percontohan pengelolaan sumber daya.

"Dalam rangka HKSN ini kami membawa beberapa karang taruna yang sudah menjadi percontohan, karena karang taruna itu ada empat kategori. Yang pertama bertumbuh, kedua berkembang, ketiga maju, dan keempat percontohan. Nah, mereka yang kita bawa ini sudah di-level-nya percontohan. Di Cibinong, mereka tidak hanya memberdayakan pemuda tapi sudah masyarakat sekitar," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya pertemuan karang taruna antar daerah ini, menjadi ajang berbagi pengalaman sesama pemuda dalam memanfaatkan potensi yang ada untuk membantu kesejahteraan masyarakat, dan membantu pertumbuhan ekonomi di lingkup desa, maupun kabupaten.

"Makanya mereka kita ajak ke sini untuk transfer khowledge, atau bertukar pengalaman. Ini yang membuat kita lebih bersemangat lagi, karena kita melihat pemuda-pemuda sekarang sudah tidak hanya ngikutin 17-an saja. Sekarang mereka sudah melakukan banyak hal, baik dari pertanian, peternakan, dan banyak lagi lainnya," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved