Breaking News:

PKL Masih Nekat Jualan di Atas Trotoar Meski Sudah Dapat Surat Teguran Ketiga

Pemandangan berbeda tampak di sepanjang Jalan Merdeka, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (20/12/2021).

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: M Ismunadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemandangan berbeda tampak di sepanjang Jalan Merdeka, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (20/12/2021).

Sejumlah lapak pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan berbagai macam jajanan berjejer rapi di atas trotoar jalan tersebut.

Lurah Batin Tikal, Aryan mengatakan sudah melayangkan surat teguran ke para PKL dan pemilik bangunan liar di atas trotoar Jalan Merdeka.

Surat teguran tersebut berisikan imbauan bagi para pedagang untuk segera membongkar atau memindahkan lapak para PKL di atas trotoar.

Hal itu karena melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Pangkalpinang nomor 07 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat. Yang mana trotoar diperuntukkan bagi para pejalan kaki.

Aryan menyebut, setidaknya sudah tiga kali surat teguran dilayangkan kepada para PKL yang berjualan di atas trotoar depan SMK N 1 Pangkalpinang sejak November 2021 lalu dengan tembusan Wali Kota Pangkalpinang hingga Sat Pol PP.

Namun sampai hari ini tidak ada iktikad baik dari para pedagang untuk secara sukarela membongkar ataupun memindahkan lapak dagangan mereka dari tempat tersebut. Alasan mereka bersikeras tak mau pindah karena telah betah di tempat tersebut.

Dia menilai, dengan keberadaan lapak PKL di atas trotoar Jalan Merdeka terkesan kumuh hingga tak pantas. Terlebih di kawasan itu merupakan rumah dinas dari para pejabat daerah yang berada di pusat kota.

Bahkan yang turut memperparah keadaan, ada beberapa pedagang yang nekat mendirikan bangunan semi permanen dari baja ringan yang menambah terkesan semrawut. Tak ayal kondisi tersebut juga turut merampas hak pejalan kaki. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved